oleh

Tubaba Terima Bantuan Alsintan Kementan

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba), mendapatkan bantuan sejumlah alat mesin pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian melalui bantuan aspirasi yang dikucurkan ke beberapa kelompok tani di kabupaten setempat.

Bantuan tersebut diterima Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Tubaba dan langsung diserahkan kepada kelompok tani penerima yang disaksikan langsung anggota DPR RI Komisi IV Bidang Pertanian, Lingkungan Hidup, dan Kelautan, Hanan A Rajak, di Balai Penyuluh Pertanian di Kelurahan Panaragan Jaya, Rabu (14/7).

Kepala Dinas Pertanian, dan Perkebunan Kabupaten Tubaba, Ir. Syamsul Komar, MM, kepada Netizenku.com menjelaskan bantuan Alsintan yang diterima tersebut berupa satu unit Traktor jenis Jhon Deer, dan 36 unit treser alat panen padi multiguna.

Baca Juga  Tubaba akan Tingkatkan Dua Ruas Jalan Melalui DAK Senilai 40 Miliar

“Bantuan kementerian tersebut hari ini langsung kita serahterimakan kepada kelompok tani penerima yang disaksikan anggota DPR RI Hanan A Rajak. Bantuan yang sudah turun yakni satu unit traktor dan 10 treser alat panen padi,” kata dia.

Menurutnya, kelompok tani penerima bantuan alsintan tersebut merupakan kelompok tani dari seluruh wilayah kecamatan di Tubaba yang sebelumnya telah diusulkan oleh Dinas Pertanian, sementara jumlah Alsintan yang diusulkan ke Kementerian Pertanian sebanyak satu unit traktor dan 36 unit treser.

Baca Juga  Galakkan Investasi Pangkas Birokrasi Berbelit

“Jadi kelompok tani penerima adalah kelompok tani yang sudah kita usulkan pada awal tahun dan kelompok tani paling banyak dari Kecamatan Tumijajar, Tulangbawang Tengah, dan Tulangbawang Udik. Alsintan yang turun saat ini baru satu unit traktor dan 10 unit treser, sisanya sebanyak 26 unit treser belum dikirim,” ulasnya lagi.

Dengan bantuan Alsintan tersebut, diharapkan kedepan dapat meningkatkan pendapatan petani dan mengurangi biaya produksi lantaran setiap kelompok sudah memiliki alat sendiri dalam pengelolaan lahan dan hasil panennya.

Baca Juga  Lelang Jabatan Tubaba, Tunggu Rekomendasi KASN

“Bantuan ini sangat berarti bagi para petani, selain memudahkan para petani dalam panen padi (perontokan padi), juga dapat meningkatkan pendapatan para petani lantaran berkurangnya biaya produksi yang harus dikeluarkan. Dan Alsintan ini penggunaanya langsung dikelola oleh kelompok tani,” terangnya. (Arie/leni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *