Tubaba Geger! Pulang dari Bekasi AF Reaktif Hasil Rapid Test

Redaksi

Rabu, 29 Juli 2020 - 07:22 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Warga Tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Barat (Tubaba) geger. Ini disebabkan salah satu warga setempat inisial AF (30) yang baru pulang dari Kota Bekasi, Jawa Barat berdasarkan hasil rapid test menunjukkan hasil reaktif.

AF merupakan warga Tiyuh Panaragan Kecamatan Tulangbawang Tengah, memiliki riwayat perjalanan dari Kota Bekasi dan pulang ke Tubaba lantaran ada anggota keluarganya yang meninggal dunia.

Dikonfirmasi terkait desas desus reaktif hasil rapid test tersebut pada Selasa malam (28/7), Kepala Dinas Kesehatan Tubaba, Majril, S.Kep, Ns.MM, membenarkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Majril menjelaskan, AF reaktif hasil rapid test tersebut berdasarkan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Ahmad Yani, Kota Metro saat dirinya hendak memeriksakan kondisi kakinya seusai dilakukan operasi pemasangan ven.

Baca Juga  2 Tahun Tiadakan Pasar Murah, Pemkab Tubaba Berdalih Tak Punya Anggaran

\”Ya, ada warga Panaragan inisial AF yang reaktif hasil rapid test berdasarkan pemeriksaan RS Ahmad Yani, Kota Metro,\” kata dia saat dikonfirmasi Netizenku.com, Selasa malam (28/7).

Menurutnya, kronologis AF dilakukan pemeriksaan rapid test oleh rumah sakit, lantaran dia mengaku memiliki riwayat perjalanan dari Kota bekasi, sehingga pihak rumah sakit sebelum memberikan pelayanan lebih lanjut terkait pemeriksaan paska operasi kaki AF dilakukan rapid test terlebih dahulu.

\”Setelah prihal RS Ahmad Yani mendapatkan hasil rapid test AF reaktif, mereka langsung berkoordinasi dengan Dinkes Tubaba untuk segera menjemputnya, agar dilakukan penatalaksanaan di RSUD Tubaba,\” terangnya.

Baca Juga  Dinas Pertanian Tubaba-BNI Bagikan 6652 KPB

Saat ini, kata dia, AF sudah dilakukan isolasi di RSUD Tubaba untuk dilakukan pengambilan sampel swab untuk diuji di laboratorium RSUD Menggala Tulangbawang guna mengetahui kondisi kesehatannya lebih lanjut.

\”AF sudah kita isolasi di RSUD Tubaba untuk dilakukan penatalaksanaan lebih lanjut, dan dilakukan pemeriksaan swabnya untuk mengetahui apakah positif atau negatif Covid-19,\” ungkapnya.

Selain mengisolasi AF, jelas Majril, RSUD Tubaba juga pada Selasa (28/7) mengisolasi RP (13) warga Tiyuh Kibang Yekti Jaya, Kecamatan Lambu Kibang, lantaran reaktif berdasar hasil rapid test. RP merupakan anak dari pasien positif inisal ES (49) pasien 06 yang lebih dahulu dinyatakan positif Covid berdasarkan hasil uji swab laboratorium RSUD Menggala Tulangbawang.

Baca Juga  Relawan AWG Tubaba Terus Galang Dana Kemanusiaan Palestina

\”Hari ini ada tambahan dua warga yang diisolasi yakni AF warga Panaragan, dan RP warga Kibang Yekti Jaya,\” papar Majril.

Dia menjelaskan, RP diketahui reaktif setelah tim medis melakukan tracking kedua dari tiga pasien positif Covid-19 yakni DS, WA, dan TW. Dari sebanyak 20 orang yang dilakukan rapid test, hanya RP yang menunjukkan hasil reaktif.

\”RP juga sudah kita isolasi untuk diambil sampel swab. Hingga saat ini setelah dilakukan tracking kedua, jumlah OTG di Tubaba berjumlah 89 orang, yakni 19 orang OTG per hari ini, dan 70 orang OTG per hari kemarin,\” tutupnya. (Arie/Len)

Berita Terkait

Firsada Sampaikan Raperda Pertanggungjwaban APBD 2023 dan RPJPD 2025-2045
Kaum Muda Deklarasikan Diri Dukung Pasangan NONA Maju Pilkada Tubaba
Kantongi Restu Umar Ahmad, NONA (NOvriwan-NAdirsyah) Solid Maju Pilkada Tubaba
Firsada Sampaikan Poin Gerak Cepat Penanganan dan Pemberantasan Korupsi
Tubaba Apresiasi Komitmen BRI Dukung Pertumbuhan Ekonomi Lokal
Pj Bupati Tubaba Buka Gebyar PAUD Tahun 2024
Pj Bupati Tubaba Ajak Semua Pihak Sinergi Cegah Stunting
Pemkab Tubaba-Ombudsman Teken MoU Tentang Pelayanan Publik

Berita Terkait

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:04 WIB

Tantangan dan Kendala Penanganan TBC di Lampung

Jumat, 14 Juni 2024 - 14:07 WIB

IKM Lampung Didorong Kantongi Sertifikat TKDN-IK

Kamis, 13 Juni 2024 - 20:45 WIB

PLN Cek kWh Meter Pelanggan untuk Cegah Bahaya Kebakaran

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:18 WIB

Program Vokasi Tingkatkan Kualitas Lulusan SMK di Lampung

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:15 WIB

Diskeswan Tingkatkan Upaya Pencegahan Penyakit Zoonosis pada Hewan Kurban

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:12 WIB

PPPA Himbau Masyarakat Berani Lapor Ketika Menjadi Korban Kekerasan

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:06 WIB

Pemprov Bakal Evaluasi PRL 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 13:05 WIB

PLH Gubernur Lampung Pimpin Rapat Perdana, Tekankan Keberlanjutan Program Kerja

Berita Terbaru