oleh

Truk Bermuatan 10 Ton Gabah Terguling di Pringsewu, Polisi Terapkan Sistem Buka Tutup Arus Lalin

Pringsewu (Netizenku.com): Kendaraan truk bernomor polisi BE 8393 GT terguling di ruas Jalan Lintas Barat Sumatera, Kelurahan Pajaresuk, Pringsewu pada Selasa (27/9).

Akibatnya barang muatan berupa ratusan karung berisi gabah padi, tumpah ke jalan raya sehingga membuat arus lalu lintas di lokasi tersendat.

Pengemudi truk, Pahduliyanto, mengatakan bahwa saat peristiwa tersebut terjadi kendaraan melaju dari arah Bandarlampung menuju Pekon Bumi Ayu Pringsewu dengan membawa muatan 10 ton gabah padi.

Baca Juga  Bupati Pringsewu Sampaikan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2020

Saat melintas di lokasi kejadian, dirinya hendak menepi untuk membeli sarapan pagi, namun apes gorong-gorong yang dilintasinya tidak kuat sehingga amblas.

“Tadi minggir mau sarapan pagi, eh malah gorong-gorongnya amblas lalu truk terguling,” tutur warga Trimurejo Lampung Tengah itu kepada awak media.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Pringsewu, Iptu Khoirul Bahri mengatakan, peristiwa truk terguling terjadi sekira pukul 06.15 WIB. Kendaraan itu sebelumnya melintas arah Bandarlampung menuju Pringsewu dan membawa muatan ratusan karung berisi gabah padi siap giling.

Baca Juga  Pringsewu Efisiensi 30 Persen Anggaran untuk Tangani Covid-19

Menurut kasat lantas, truk terguling lantaran gorong-gorong yang dilintasinya amblas lantaran tidak kuat menopang berat kendaraan. Akibatnya truk terguling dan muatan yang dibawa tumpah memenuhi sebagian badan jalan.

“Akibat kejadian itu, arus lalu lintas dari kedua arah sempat tersendat lantaran ratusan karung berisi gabah memenuhi sebagian badan jalan,” jelas dia.

Baca Juga  Wabup Pringsewu Lampung Tinjau Tanah Hibah dari Warga

Atas kejadian itu, lanjut Kasat Lantas, sejumlah polantas yang diterjunkan ke TKP langsung melakukan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem buka tutup arus lalin.

Disampaikannya, kendaraan truk yang terguling berhasil dievakuasi sekira pukul 09.15 WIB setelah ditarik dengan menggunakan kendaraan derek.

“Alhamdulillah barang muatan dan kendaraan sudah berhasil dievakuasi dan arus lalin dari kedua arah sudah normal kembali,” tandasnya.(Reza)