oleh

Tanggamus Gelar Musrenbang RKPD 2019

Tanggamus (Netizenku.com): Wakil Bupati Tanggamus Hi AM Syafii, S. Ag, membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019, dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan untuk tahun 2020 mendatang, di Aula Islamic Center Kotaagung, Selasa (12/3).

\"\"

Hi. A. M, Syafii mewakili Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam arahannya mengatakan, Musrenbang RKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode satu tahun, sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Strategis Perangkat Daerah yang merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional dan dilakukan dengan pendekatan politik, teknokratik, partisipatif, atas-bawah (top down) dan bawah-atas (bottom up).

\"\"
\”Oleh karena itu rancangan RKPD yang telah dibahas dalam rangkaian forum Musrenbang mulai dari tingkat pekon/kelurahan sampai dengan Musrenbang tingkat kabupaten ini, disusun berpedoman pada RPJMD, memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan tahun sebelumnya dan mengacu pada sasaran pembangunan nasional yang telah dicanangkan melalui 9 Agenda Prioritas Pembangunan atau Nawa Cita yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJMN 2015-2019, \” ungkap Syafi\’i seperti mengutip sambutan bupati.

Baca Juga  Ditlantas Polda Periksa Pos Pam Polres Tanggamus

Dilanjutkan wabup, forum Musrenbang mempunyai nilai strategis karena melibatkan seluruh unsur pemangku kepentingan, membahas rancangan awal RKPD tahun 2020 akan dapat mempertajam capaian sasaran program prioritas pembangunan daerah yang selaras dengan sasaran pembangunan nasional, kebutuhan dan aspirasi masyarakat berdasarkan kondisi riil, kemampuan dan karakteristik daerah.

\”Selain itu dalam rangka peningkatan pelayanan dasar masyarakat, program dan kegiatan pembangunan daerah yang dirumuskan dalam rancangan RKPD Tahun 2020 harus disesuaikan dengan kewenangan pemerintah daerah dalam upaya tercapainya Standar Pelayanan Minimal,\” jelas Syafii.

Baca Juga  Bupati-Forkopimda Tanggamus Gelar Operasi Yustisi Razia Prokes

Usai menyampaikan sambutan, wabup melakukan pemukulan gong sebagai tanda dibukanya Musrenbang RKPD dan penandatanganan berita acara Musrenbang. Kegiatan selanjutnya yakni Penampilan 20 putri Otonom, pembukaan Musrenbang Expo dan diskusi. Kegiatan Musrenbang RKPD ini berlangsung tiga hari 12-14 Maret 2019.

\"\"

Sementara, Plt Kepala Bappelitbang Kabupaten Tanggamus, Yadi Mulyadi, S. T, M. M, dalam laporannya mengatakan bahwa rancangan RKPD yang telah dibahas merupakan rangkaian dari forum Musrenbang mulai dari tingkat pekon/kelurahan sampai dengan Musrenbang tingkat kabupaten.

\”Untuk tingkat pekon dilakasanakan Januari , tingkat kecamatan Februari, lalu dilaksanakan Forgab Perangkat Daerah dan puncaknya Musrenbang RKPD tingkat kabupaten,\” jelas Yadi.

Lebih lanjut Yadi menjelaskan bahwa kebijakan operasional Pemkab Tanggamus untuk kelanjutan pembangunan tahun 2020, yakni melanjutkan program-program pembangunan yang sudah baik dan sudah selesai untuk selanjutnya dimanfaatkan dan direplikasi keberbagai daerah.

Baca Juga  Satreserse Narkoba Polres Tanggamus Amankan 9 Terduga di Pringsewu

Lalu menuntaskan program-program pembangunan yang sudah baik dan sudah dilaksanakan namun belum selesai untuk dapat segera dimanfaatkan.

\”Kemudian menyusun program-program baru yang bersifat terobosan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan pembangunan yang perlu segera dilaksanakan bersama stake holder dengan dukungan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, \”terang Yadi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, S. Sos, Asisten Bidang Ekobang Setdaprov Lampung Taufik Hidayat, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto S.IK,M.M, Kepala Kejari Tanggamus David P Duarsa, S. H, M. H, Kasdim 0424 Mayor Inf Suhada Erwin, Kepala Pengadilan Negeri Kotaagung Ardhi Wijayanto, S.H,M.H, Ketua Pengadilan Agama Asrori S. H. M. H, Kalapas Kotaagung Sohibur Rachman,A.Md.IP,S.Sos,M.H, kepala OPD dilingkungan Pemkab Tanggamus dan camat.(adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *