Tanggamus Gelar Musrenbang RKPD 2019

Redaksi

Kamis, 28 Maret 2019 - 13:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tanggamus (Netizenku.com): Wakil Bupati Tanggamus Hi AM Syafii, S. Ag, membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019, dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan untuk tahun 2020 mendatang, di Aula Islamic Center Kotaagung, Selasa (12/3).

\"\"

Hi. A. M, Syafii mewakili Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam arahannya mengatakan, Musrenbang RKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode satu tahun, sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Strategis Perangkat Daerah yang merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional dan dilakukan dengan pendekatan politik, teknokratik, partisipatif, atas-bawah (top down) dan bawah-atas (bottom up).

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

\"\"
\”Oleh karena itu rancangan RKPD yang telah dibahas dalam rangkaian forum Musrenbang mulai dari tingkat pekon/kelurahan sampai dengan Musrenbang tingkat kabupaten ini, disusun berpedoman pada RPJMD, memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan tahun sebelumnya dan mengacu pada sasaran pembangunan nasional yang telah dicanangkan melalui 9 Agenda Prioritas Pembangunan atau Nawa Cita yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJMN 2015-2019, \” ungkap Syafi\’i seperti mengutip sambutan bupati.

Baca Juga  Operasi Yustisi Tanggamus Sasar Perkantoran dan Puskesmas

Dilanjutkan wabup, forum Musrenbang mempunyai nilai strategis karena melibatkan seluruh unsur pemangku kepentingan, membahas rancangan awal RKPD tahun 2020 akan dapat mempertajam capaian sasaran program prioritas pembangunan daerah yang selaras dengan sasaran pembangunan nasional, kebutuhan dan aspirasi masyarakat berdasarkan kondisi riil, kemampuan dan karakteristik daerah.

\”Selain itu dalam rangka peningkatan pelayanan dasar masyarakat, program dan kegiatan pembangunan daerah yang dirumuskan dalam rancangan RKPD Tahun 2020 harus disesuaikan dengan kewenangan pemerintah daerah dalam upaya tercapainya Standar Pelayanan Minimal,\” jelas Syafii.

Baca Juga  Pengajian Akbar Peringatan Isra Miraj,¬†Zainal Ingatkan Sholat

Usai menyampaikan sambutan, wabup melakukan pemukulan gong sebagai tanda dibukanya Musrenbang RKPD dan penandatanganan berita acara Musrenbang. Kegiatan selanjutnya yakni Penampilan 20 putri Otonom, pembukaan Musrenbang Expo dan diskusi. Kegiatan Musrenbang RKPD ini berlangsung tiga hari 12-14 Maret 2019.

\"\"

Sementara, Plt Kepala Bappelitbang Kabupaten Tanggamus, Yadi Mulyadi, S. T, M. M, dalam laporannya mengatakan bahwa rancangan RKPD yang telah dibahas merupakan rangkaian dari forum Musrenbang mulai dari tingkat pekon/kelurahan sampai dengan Musrenbang tingkat kabupaten.

\”Untuk tingkat pekon dilakasanakan Januari , tingkat kecamatan Februari, lalu dilaksanakan Forgab Perangkat Daerah dan puncaknya Musrenbang RKPD tingkat kabupaten,\” jelas Yadi.

Lebih lanjut Yadi menjelaskan bahwa kebijakan operasional Pemkab Tanggamus untuk kelanjutan pembangunan tahun 2020, yakni melanjutkan program-program pembangunan yang sudah baik dan sudah selesai untuk selanjutnya dimanfaatkan dan direplikasi keberbagai daerah.

Baca Juga  \'Nyabu\', 7 Napi Lapas Kota Agung Diamankan

Lalu menuntaskan program-program pembangunan yang sudah baik dan sudah dilaksanakan namun belum selesai untuk dapat segera dimanfaatkan.

\”Kemudian menyusun program-program baru yang bersifat terobosan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan pembangunan yang perlu segera dilaksanakan bersama stake holder dengan dukungan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, \”terang Yadi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, S. Sos, Asisten Bidang Ekobang Setdaprov Lampung Taufik Hidayat, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto S.IK,M.M, Kepala Kejari Tanggamus David P Duarsa, S. H, M. H, Kasdim 0424 Mayor Inf Suhada Erwin, Kepala Pengadilan Negeri Kotaagung Ardhi Wijayanto, S.H,M.H, Ketua Pengadilan Agama Asrori S. H. M. H, Kalapas Kotaagung Sohibur Rachman,A.Md.IP,S.Sos,M.H, kepala OPD dilingkungan Pemkab Tanggamus dan camat.(adv)

Berita Terkait

Karutan Kotaagung Beri WBP Lansia Kacamata Gratis
Mulyadi Irsan Buka Workshop Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Pekon
Susunan TKD Prabowo-Gibran Diserahkan ke KPU Tanggamus
Kemurahan Hati Anak Kecil dari Kaki Gunung Tanggamus
Pemkab Lambar Gencarkan Administrasi Kependudukan “Disdukcapil Masuk Sekolah”
Jaga Silaturahmi, WBP dan Personel Rutan Kotaagung Gelar Makan Bersama
Daftar Calon Tetap DPRD Lampung Barat
BPSDMI Dorong Pendidikan Vokasi, SMK SMTI Balam: 86 Persen Lulusan Sudah Kerja

Berita Terkait

Sabtu, 25 November 2023 - 18:39 WIB

Pj Bupati Tubaba Ajak Tenaga Pendidik Bersinergi

Kamis, 23 November 2023 - 20:48 WIB

Pj Bupati Tubaba Hadiri Kenduri Desa Damai

Kamis, 23 November 2023 - 20:40 WIB

Firsada Sampaikan Pandangan Akhir pada Paripurna Raperda APBD 2024

Rabu, 22 November 2023 - 14:33 WIB

Tubaba Terima 25 Lampu PJU Tenaga Surya Kemenhub

Selasa, 21 November 2023 - 20:13 WIB

Tubaba Targetkan Raih APE Tingkat Madya

Selasa, 21 November 2023 - 11:06 WIB

Gerakan Pramuka Kwarcab Tubaba Gelar KMD Mandiri

Rabu, 15 November 2023 - 11:43 WIB

DPRD Tubaba Gelar Paripurna Pembicaraan Tingkat I Raperda APBD 2024

Selasa, 14 November 2023 - 20:21 WIB

Pemprov Lampung Beri Penyuluhan Hukum Terpadu di Tubaba

Berita Terbaru

Gambar hanya ilustrasi.

Celoteh

Banner Caleg Bikin Maleg

Rabu, 29 Nov 2023 - 11:07 WIB

E-Paper

Lentera Swara Lampung | Rabu, 29 November 2023

Rabu, 29 Nov 2023 - 10:51 WIB

E-Paper

Lentera Swara Lampung | Selasa, 28 November 2023

Selasa, 28 Nov 2023 - 23:55 WIB

Tanggamus

Karutan Kotaagung Beri WBP Lansia Kacamata Gratis

Selasa, 28 Nov 2023 - 19:06 WIB