oleh

Sultan Edward Syah Pernong Angkat Irjen Suntana Sebagai Keluarga Kerajaan Sekala Bkhak 


Batubrak (Netizenku): Kunjungan kerja Kapolda Lampung, Irjen (Pol) Suntana, ke Lampung Barat, Jumat (9/2) lalu, terasa lebih istimewa. Lantaran kunker kali ini tidak sebatas bertemu jajaran kepolisian di Polres Lampung Barat (Lambar) saja. Pada kesempatan itu Kapolda mendapat jamuan khusus makan siang bersama Sultan Kerajaan Skala Bkhak, Edward Syah Pernong Gelar Sultan Pangeran Raja Kesaksian Pernong yang dipertuan ke-XIII.

Saat tiba di Gedung Dalom di Kecamatan Batubrak, polisi berpangkat bintang dua tersebut disambut langsung Pasukan Yang Mulia Puniakan Dalom Edwar Syah Pernong, juga jajaran kerajaan para saibatin dan penyimbang adat yang ada di Lambar, serta Bupati dan Wakil Bupati Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin, turut hadir pula mantan bupati Lambar 2012-2017 Mukhlis Basri.

Baca Juga  Kembali ke Sekolah, Siswa Wajib Kantongi Suket Bebas Covid-19
\"\"

Prosesi adat pada kesempatan langka tersebut diawali dengan Pangeran Edwar Syah Pernong dan Kapolda Lampung Irjen Suntana keluar dari Peraduan Agung (Balik Kebik) yang sebelumnya dilakukan penyerahan Pemanohan Terapang Arya Sepuluh Kepada Kapolda. Selanjutnya, Pun Edwar, Panggilan akrab mantan Kapolda Lampung itu, melakukan pemasangan Kikat Henuang Bani dan penyerahan Surat Pengukuhan \”Angkon Muakhi\” oleh PYM SPDP Pangeran Edward Pernong kepada Irjen Suntana, yang prosesi tersebut berlangsung di ruang Margasana Gedung Dalom Kepaksian Pernong, Jumat (9/2).

Baca Juga  Puskesmas Bukan Sekedar Tempat Berobat
\"\"

Pun Edward, mengatakan, Irjen Suntana di Angkon Muakhi menjadi bangsawan kerajaan/jamma balak ni sai batin/pembesar Kerajaan dengan segala hak yang melekat pada derajat, sekaligus diberikan pusaka kekerabatan Terapang Arya Sepuluh yang telah berusia sekitar 400 tahun di dalam bilik kebik (Kamar Pribadi Sultan).

\"\"

\”Angkon Muakhi kepada Suntana bukan karena yang bersangkutan Kapolda Lampung saat ini, namun karena hubungan persaudaraan yang sudah terjalin lama serta berdasarkan kedekatan hati. Kami sangat dekat dan sudah terjalin lama, dan kami berharap persaudaraan ini kekal dan terjaga sampai akhir bayar,\” kata Pun Edward.

Baca Juga  Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bekhak 2021 Akan Diikuti Peserta Lintas Provinsi

Sementara Kapolda Lampung, Irjen Pol Suntana, menyampaikan bahwa dirinya sudah kenal lama dan punya hubungan sangat dekat dengan Sultan Edward Syah Pernong. \”Kami sudah lama kenal, dan saya selama ini menganggap Pak Edward sebagai saudara, kakak, guru dan beliau merupakan polisi yang sangat baik dan santun,\” kata Kapolda. (Iwan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *