Sukses Gelar \”Millenial Road Safety Festival 2019\”, Tito Nobatkan Lampung sebagai Provinsi Percontohan

Redaksi

Kamis, 7 Februari 2019 - 13:33 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bandarlampung (Netizenku.com): Kapolri, Muhammad Tito Karnavian, memberikan apresiasi dan menobatkan Provinsi Lampung sebagai percontohan bagi provinsi lain yang sukses menyelenggarakan acara Millenial Road Safety Festival 2019.

\”Saya bangga dan hal ini pun patut kita tiru dan dengarkan bagaimana kiat-kiat serta tips dan cara yang dilakukan agar acara tersebut dapat sukses juga serta menjadi tolak ukur bagi provinsi lain,\” ujar Kapolri Tito pada acara Video Conference Kapolri tentang pembahasan Perkembangan Pelaksanaan Kegiatan Milenial Road Safety Festival dan Penyampaian Hasil Survey terhadap Polri oleh Markplus yang diselenggarakan di Ruang Vicon Polda Lampung, Kamis (7/2/2019).

Pelaksanaan Kegiatan Milenial Road Safety Festival sendiri digelar oleh Polda Lampung bersama Pemprov pada Minggu (3/2/2019) karena melihat tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Angkanya sudah sampai pada titik yang sangat memprihatinkan. Secara nasional, jumlah korban laka lantas sebanyak 171.436 orang di antaranya 29.083 meninggal, 13.256 luka berat, dan 129.095 luka ringan.

Baca Juga  Eva Dwiana: masyarakat kurang percaya Covid-19

Untuk wilayah Lampung sendiri jumlah korban laka lantas pada tahun 2018 sebanyak 4.003 orang, diantaranya 814 meninggal dunia, 1.220 luka berat, dan 1.969 luka ringan.

Atas dasar tersebut, Tito berinisiasi dengan memerintahkan setiap provinsi untuk menyelenggarakan acara tersebut yang intinya mengajak kaum milenial di tiap-tiap provinsi di seluruh Indonesia mendeklarasikan pentingnya keselamatan berkendara dan patuh terhadap peraturan lalu lintas yang telah ditetapkan. Selain itu, mendeklarasikan Millennial agar mendukung Road Safety menuju Zero Accident.

Deklarasi ini terdiri dari 3 point yaitu pertama Generasi yang peduli Keselamatan Berlalu Lintas, kedua mendukung sepenuhnya program Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam mewujudkan kemanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas dan ketiga menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

\”Kita lakukan kampanye keselamatan. Sebagai penanggung jawabnya adalah Polda dan Pemerintah Daerah masing-masing dan dilakukan secara serentak oleh Polres Kab/Kota pada daerah tersebut, dan dari semua penilaian dan evaluasi yang telah dilakukan oleh Mabes Polri, kita semua bangga terhadap Polda Lampung, NTT dan Papua Barat yang telah sukses menyelenggarakan acara tersebut,\” ujar Tito.

Baca Juga  AIC SMA Al-azhar 3 Balam Ajak Pelajar seluruh Berkompetisi Ala Islami

Sementara itu, Kapolda Lampung, Irjen. Pol Purwadi Arianto mengatakan, perencanaan kegiatan Milenial Road Safety Festival tersebut dilakukan dengan kegiatan sosialisasi pasif, rapat terkoordinasi serta sosialisasi efektif.

\”Untuk sosialisasi pasif, kita menggunakan media sosial, media cetak dan media elektronik dengan memerankan public figure untuk mengajak dan menghimbau kaum milenial untuk hadir yakni ada 23 artis ibukota diantaranya Raffi Ahmad, Sammy Simorangkir, Gracia Indri, Tukul, Band Coklat dan lain-lain,\” ujar Kapolda.

Selain itu, dilakukan juga penyampaian kegiatan dengan cara menarik yakni mendatangkan artis ibukota pada acara tersebut, doorprize yang menarik, berobat gratis, pameran TNI dan Polri. Juga termasuk rekruitmen kepolisian dari Akpol maupun Bintara yang didukung juga oleh Jasa Raharja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PU serta dealer-dealer mobil yang diberi kesempatan membuka tempat untuk dikunjungi.

Baca Juga  Rehabilitasi Narkoba di RSUD A Dadi Tjokrodipo untuk Rawat Jalan

Ada juga pawai budaya dari 34 Provinsi dan dilombakan sehingga acara ini lebih menarik. Pawai ini dilepas oleh Bapak Gubernur Muhammad Ridho Ficardo dan Walikota.

Sedangkan untuk rapat terkoordinasi dimulai dari rapat bersama Forkopimda, kampus ataupun universitas baik negeri maupun swasta, SMA Negeri dan Swasta, Pondok Pesantren, stakeholder dan dengan pihak bioskop. Hasilnya, selama dua minggu kita tayangkan untuk mengumumkan kepada kaum milenial agar dapat hadir pada acara tersebut.

\”Untuk sosialisasi efektif, kita mengumpulkan mobilitas komunikasi seperti komunitas motor besar, vespa, jeep, grab, gojek dan lain-lainnya semua kami libatkan,\” papar Purwadi.

Ia juga menjelaskan, kegiatan Milenial Road Safety Festival dapat berjalan dengan sukses dan berhasil menarik sekitar 60.000 orang yang hadir dalam memeriahkan acara tersebut. (*Aby)

Berita Terkait

Pelatihan dan Penyerahan Modal Usaha, PLN Dorong Kemandirian Pesantren di Lampung
Ini Tips Perlindungan Data Pribadi Ala OJK Lampung
Ada Banyak Cabor, Porcam se-Bandarlampung Segera Dimulai
Besok Ratusan Mirzanial akan Deklarasi Dukung RMD
Kunjungi Sejumlah Pembangunan, Walikota Pastikan Semua Lancar
Begawi dan Bandarlampung Expo Dinilai Sesuai Ekspektasi
Pihak BRI Diduga Kuat Terlibat Kasus “Kredit Fiktif Gunung Sari”
Walikota Bandarlampung Raih Penghargaan dari Kemenkop UKM

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 19:46 WIB

Pesta Perceraian Etiskah?

Selasa, 16 Juli 2024 - 18:47 WIB

Ruang Publik Kurang, Pinggir Jalan Pun Jadi

Selasa, 16 Juli 2024 - 12:30 WIB

Head to Head Parosil – Kotak Kosong

Minggu, 14 Juli 2024 - 16:09 WIB

Menakar Netizen dari Penggunaan “di” Dipisah dan “di” Disambung

Jumat, 12 Juli 2024 - 15:22 WIB

Tradisi Seharga Nyawa

Selasa, 9 Juli 2024 - 17:14 WIB

Tukang Fotokopi Pun Tahu Itu

Minggu, 7 Juli 2024 - 16:12 WIB

Jiwa Binatangnya Tertinggal

Minggu, 7 Juli 2024 - 10:50 WIB

Kala Timnas Pusat Singkirkan Saudara Muslim

Berita Terbaru

Kepala Dishub Lampung, Bambang Sumbago, ketika diwawancarai awak media. (Foto: Luki)

Lampung

Cegah Kerusakan Jalan, Dishub Masif Tertibkan Truk Odol

Minggu, 21 Jul 2024 - 16:11 WIB

Pj. Gubernur Lampung, Samsudin, ketika diwawancarai awak media. (Foto: arsip Luki)

Lampung

Bendungan Marga Tiga Ditarget Rampung Agustus

Minggu, 21 Jul 2024 - 15:34 WIB

Penandatanganan komitmen bersama oleh Kadis Lingkungan Hidup se-kabupaten/kota di Lampung ini menunjukkan keseriusan dalam bersinergi, untuk mengatasi permasalahan sampah secara bersama-sama. (Arie/NK)

Tulang Bawang Barat

Pj Bupati Tubaba Seminar Nasional Pengelolaan Bank Sampah

Minggu, 21 Jul 2024 - 14:50 WIB

Jemaah haji ketika tiba di debarkasi antara. (Foto: Humas)

Lampung

Kloter Terakhir Jemaah Haji Lampung Tiba di Debarkasi Antara

Minggu, 21 Jul 2024 - 14:31 WIB

LMND ketika merayakan milad. (Foto: Ist)

Lampung

LMND Rayakan Milad, Bangun SDM Untuk Visi Indonesia Emas

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:03 WIB