oleh

Siaga Tsunami, Warga Pesibar Malam Ini Mengungsi ke Ketinggian

Liwa (Netizenku.com): Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat, merasakan gempa yang cukup kencang, getaran gempa berkekuatan 7,4 SR yang berpusat di Sumur Banten, sehingga tidak sedikit masyarakat yang berhamburan keluar rumah.

Bahkan masyarakat Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat, yang mendapat status siaga tsunami, saat ini masih tetap waspada terutama yang berada di bibir pantai. Bahkan ada beberapa warga yang sudah mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

Iswandi, warga Tanjung Setia kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat, yang rumahnya hanya berjarak beberapa meter dari bibir pantai, mengatakan cukup khawatir dengan status siaga yang diinformasikan BMKG.

Baca Juga  Hari Ini Lomba Butetah dan Nyambai Digelar di Liwa Fair 2018

\”Kami dapat informasi untuk wilayah Pesisir Selatan statusnya siaga, maka saat ini kami tetap memantau kondisi laut, tapi Alhamdulillah tidak ada perubahan pergerakan air laut,\” kata dia.

Dijelaskan Iswandi, ada beberapa warga setempat yang sudah mengungsi ke dataran yang lebih tinggi, tetapi sebagian besar berkumpul di tepi jalan, seraya terus memantau kondisi laut.

\”Walaupun kondisi laut masih normal, tetapi ada warga yang sudah mengungsi ke dataran yang lebih tinggi, sementara sebagian besar belum berani masuk rumah dan tetap waspada, serta terus memantau kondisi laut,\” jelasnya.

Baca Juga  Satgas TMMD Tanam Ribuan Pohon Hijaukan BNS

Sementara di wilayah Lampung Barat, saat guncangan gempa yang terasa cukup kencang, masyarakat berhamburan keluar rumah, khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Yanto, warga Way Mengaku Balikbukit Lampung Barat, mengaku goncangan gempa terasa kuat dan lama, maka dia bersama seluruh anggota keluarga berhamburan keluar rumah. \”Goncangan gempa sangat terasa, tetapi Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa,\” kata Yanto.

Baca Juga  Lambar Sosialisasi PTSL

Terpisah Dandim 0422 Lampung Barat, Letkol Kav Adri Nurcahyo, mengatakan sudah memerintahkan kepada seluruh anggota TNI khusus yang bertugas di Pesisir Barat untuk memantau kondisi pasca gempa.

\”Saya sudah minta anggota untuk waspada, terus bergerak memantau kondisi, sampai tiga jam pasca terjadi gempa, serta ikut menenangkan masyarakat, karena saat ini kondisi laut memang lagi pasang,\” kata Dandim yang mengaku baru keluar dari daerah Taman Belimbing Bengkunat. (Iwan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *