oleh

Sektor Industri di Lembang Diuntungkan Penggunaan CNG

Lembang (Netizenku.com): Tahu susu masih menjadi produk yang cukup asing di telinga bagi warga luar daerah yang berkunjung ke Lembang. Beberapa waktu lalu dalam gelaran media gathering bersama PGN Area Lampung, Netizenku.com berkesempatan berkunjung ke salah satu pelanggan dari sektor industri, yang telah menggunakan energi gas bumi  Compressed Natural Gas (CNG).

Rahmat, perwakilan manajemen Pabrik Tahu Susu Lembang menerima kunjungan tersebut dengan mengajak mengunjungi dapur produksi yang juga berbagai tenant yang menggunakan produk tersebut.

Rahmat mengatakan, tempat usahanya tersebut telah menjadi pelanggan CNG selama tiga tahun, yang sebelumnya menggunakan gas LPG sejak 2008. CNG pemanfaatannya dimulai sejak perebusan kacang kedelai, dari awal mendidihkan air sekitar 40 menit, setelah itu proses terakhir ke penguningan tahu.

Baca Juga  PGN Dukung Kebutuhan Gas untuk Pengembangan Industri Petrokimia dan Ibukota Baru

”Ya, sejak tiga tahun lalu sudah menggunakan CNG, sebelumnya pakai gas LPG, namun memang ada perbaikan-perbaikan seperti lubang kompor yang biasa pake LPG kecil, dan pake CNG lebih besar, tetapi itu bukan kendala,” ujarnya.

Rahmat menambahkan, alasannya pindah dari Gas LPG ke CNG karena dirasa lebih hemat sekitar 10-15 persen, itu berdasarkan uji coba selama 1,5 tahun.

“Sewaktu pakai gas LPG biasa pakai tabung 50 kg, satu tabung harganya sekitar Rp600 ribu, sempat pernah naik juga sampai Rp800 ribu, tetapi kalau kelamaan ada gas yang mengendap sekitar 13 kilo, dan tak bisa terpakai, kalau pakai CNG kita bayar sesuai pemakaian, karena tidak ada yang mengendap,” urainya.

Baca Juga  Telkomsel Resmi Jadi Operator Seluler Pertama yang Menggelar Jaringan 5G di Indonesia

Rahmat juga mengatakan, menggunakan CNG banyak keuntungannya, selain secara finansial, dari segi kerja juga lebih praktis dan simpel.

“Pakai CNG hematnya sudah dapat, dari segi kerja pakai CNG juga lebih praktis. Dulu pakai LPG belum kita nyiram, harus pakai selang dulu. Kalau sekarang kita tinggal pakai, tidak harus menyiram air atau apa, juga pematangan lebih cepat, dari segi waktu biasa sejam pakai LPG, tapi pakai CNG cuma 45 menit,” tutupnya.

Baca Juga  Bersiap Menggelar 5G, Telkomsel Perluas Cakupan VoLTE Hingga 230 Kota di 2021

Strategic Stakeholder Managemen PGN Lampung, Heru Prasetyo yang turut mendampingi awak media mengatakan, Tahu Susu Lembang adalah salah satu oleh-oleh khas Lembang yang amat digemari, dan namanya cukup dikenal.

Di Bandung pemanfaatan energi gas bumi CNG dipandang lebih dikenal UMKM ketimbang di Lampung. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan tersebut, media dapat menularkan pemanfaat CNG di kota Bandarlampung. (Leni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *