oleh

Sekkab Tanggamus Tinjau Posko Tanggap Darurat Bencana

Kotaagung (Netizenku.com): Sekda Kabupaten Tanggamus Drs. Hamid Heriansyah Lubis, M.Si., tinjau pendirian posko tanggap darurat bencana dan pemberian bantuan masyarakat terdampak banjir Rob di Rt 16 Kapuran, Kelurahan Pasarmadang, Kecamatan Kotaagung, Selasa malam (17/05), Pukul 21.30 WIB.

Turut mendampingi Sekda, Kabid rehap rekon Edi nugroho, Kabid kesiapsiagaan Rusdi, camat Kotaagung Erlan, Lurah Pasarmadang Dede candra, Personil BPBD, Personil TAGANA, Personil RAPI lokal II Tanggamus.

Sekda menyampaikan, akibat banjir Rob, ada beberapa rumah warga yang terdampak banjir,” berdasar pendataan sementara, ada 9 kepala keluarga beserta anggota keluarganya yang terdampak. Langkah awal kita langsung lakukan evakuasi fan tanggap darurat kebencanaan, terpenting masyarakat terdampak ini diberikan bantuan pangan dulu kemudian kebutuhan hidupnya setelah itu kita siapkan dengan mendirikan posko dan malam ini sudah didirikan, bantuan juga sudah kita serahkan malam ini yang diterima oleh perwakilan warga,” jelasnya.

Baca Juga  Sambut Ramadhan, Kakon Sinarsemendo Ajak Aparatur Bersihkan Lingkungan

Selanjutnya untuk kedepan lanjut Hamid H Lubis, akan diambil langkah konkret pasca bencana setelah di assesmen oleh BPPD Kabupaten Tanggamus.” Seperti pembangunan pagar pertahanan ombak, sepanjang kurang lebih 600 meter, dan tolong ini menjadi pengawasan kita bersama agar pelaksanaan ini cepat terlaksana, ini juga mengantisipasi dari ombak ataupun banjir rob yang biasa terjadi setahun sekali,” terangnya.

Baca Juga  P3A Dalduk dan KB Tanggamus Sosialisasi Kabupaten Ramah Anak

Kemudian langkah berikutnya sambung Sekda, pihaknya akan melakukan kajian – kajian antisipatif kedepannya apa yang terbaik untuk warga, karena khusus di posisi RT 16 ini langsung berhadapan dengan samudra Hindia kalau yang ke sebelah bangunan tempat pelelangan ikan (TPI) masih tertutup teluk.

“Artinya untuk ombak ini yang mengarah khususnya di RT 16 ini kita akan melakukan kajian. Intinya adalah masyarakat jangan panik, karena. pemerintah akan melakukan hal yang maksimal dalam mengayomi warga khusus yang terdampak, besok sudah berdiri Posko yang akan kita resmikan dan kita akan menerima bantuan dari pihak-pihak yang berkenan untuk melakukan kegiatan kemanusiaan,” harap Sekda.

Baca Juga  Kakon Penanggungan Lantik Aparatur dan Perangkat Pekon Periode 2022-2027

Untuk bantuan kedaruratan selama tiga hari ke depan akan ada mobil air bersih, rutin tiga kali pagi siang dan sore,” silahkan bagi masyarakat yang terdampak umumnya yang masih menggunakan sumur – sumur yang berada di samping kiri rumahnya yang kemasukan air laut memanfaatkan bantuan air bersih yang tiga kali sehari tolong disosialisasikan ke masyarakat,” tandas mantan Kadis Perhubungan Kabupaten Tanggamus ini. (Arj/len)