oleh

Sandiaga Uno ‘Netas’ GenPi: Gercep, Geber, Gaspol

Bandarlampung (Netizenku.com): Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) berinteraksi secara langsung dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, pada Jumat (4/6) malam, dalam acara ‘Nemuin Komunitas’ (Netas).

Gelaran Netas ketiga ini diselenggarakan di Kejawa Resto yang berada di Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain untuk bertatap muka dengan komunitas, Program Netas sekaligus menjadi sarana promosi kesehatan.

Panitia sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan satgas Covid-19 setempat. Seluruh yang terlibat dan bisa masuk area harus melalui tes rapid antigen dengan hasil negatif.

Ketua Umum GenPI Nasional Siti Chotijah menyambut dengan gembira acara yang diinisiasi oleh Biro Komunikasi Kemenparekraf ini.

“GenPi yang lahir kembali dengan semangat baru tentu akan lebih bergaung. Merah Putih selalu akan menjadi visi dan misi kami. Khususnya dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Ia pun mengajak seluruh pegurus dan anggota di 34 provinsi dan 210 kabupaten/kota untuk merapatkan barisan.

Baca Juga  Sambut HUT ke-74 KAI Gelar Pameran dan Bazar UMKM di Stasiun Tanjungkarang

“Kita gercep, geber, dan gaspol, membantu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” pungkasnya.

Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu menambahkan sektor pariwisata adalah sektor yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Oleh karena itu pemerintah tidak bisa sendirian.

“Malam ini, di Yogyakarta, kita bisa merasakan dan bisa buktikan bagaimana bentuk kolaborasi antara pemerintah dan GenPI,” kata Vinsensius.

“Kami bersama anak-anak muda yang berada di garda paling depan. Memberitakan dan menebar harapan, optimisme, serta kabar baik kepada masyarakat di tengah pandemi seperti ini. Semoga pandemi segera berakhir dan Genpi kembali meluas ke semua kabupateb/kota di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini Ketua GenPI Maluku Utara dan Ketua GenPI Lampung berkesempatan bercerita singkat hal yang sudah mereka lakukan di daerah.

Baca Juga  M Fahreza Ditunjuk Ketuai LBH PW IWO Lampung

Opan Jacky mengungkapkan bagaimana komunitas di Maluku Utara berkolaborasi untuk mengangkat berbagai potensi wisata alam.

Sedangkan Abdul Rohman Wahid menceritakan bagaimana GenPi Lampung melakukan pemberdayaan. Serta membangun pasar-pasar kreatif di beberapa kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung.

Memeriahkan acara, dibagikan beberapa merchandise kepada peserta yang hadir dan pemenang kuis pantun yang paling menarik.

Bahkan Menteri Sandiaga Uno beberapa kali mengeluarkan beberapa pantun yang membangkitkan semangat Komunitas GenPI.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sangat mengapresiasi GenPi yang mayoritas anggotanya adalah anak-anak muda.

“GenPi ada di mana-mana dan selalu bersemangat. Hari ini setelah 1,5 tahun kita hadapi pandemi dan dalam keadaan prihatin, kita canangkan kembali agar GenPi siap berjuang.”

“Hari ini saya ingin mereaktivasi teman-teman GenPi sebagai suatu gerakan. Hashtag #DiIndonesiaAja bukan hanya sebuah kampanye dari Program Parwisata dan Ekonomi kreatif. #DiIndonesiaAja akan menjadi gerakan besar yang akan dimotori oleh teman-teman GenPi,” kata Sandiaga Uno.

Baca Juga  Corona, Sekolah di Bandarlampung Diliburkan

“Saya bersama kawan-kawan GenPi akan berada di garda terdepan mewujudkan 3G yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Garap semua Potensi). Membangkitkan sektor parekraf di masa adaptasi kebiasaan baru,” ujar Sandiaga Uno memastikan.

Ia pun menaruh harapan besar kepada GenPi, bersama Kemenparekraf, gerakan nasional #DiIndonesiaAja ini bisa promosikan ‘Bangga Berwisata di Indonesia’ dengan selalu terapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

“Senang melihat semangat yang begitu luar biasa. Secara tegas mereka menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan pemerintah untuk mempercepat kebangkitan sektor pariwisata, berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan masyarakat demi mewujudkan ekonomi yang berkeadilan,” kata Sandiaga Uno seperti dikutip dalam unggahannya di Instagram, Jumat (4/6) malam sesuai acara.

“Jika biasanya saya selalu menyampaikan strategi 3G. Malam ini menjadi 4G: Gercep, Geber, Gaspol bersama Genpi,” ucapnya. (Josua)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *