oleh

Ribuan KTP Invalid Dimusnahkan

Liwa  (Netizenku.com): Sebanyak 6.047 Kartu Tanda Penduduk (KTP) invalid dimusnahkan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Pemusnahan dengan cara dibakar dilakukan oleh Asisten II Setkab Lampung Barat, Nata Djudin Amran didampingi Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Lampung Barat Wasisno Sembiring dan disaksikan sekretaris Inspektorat Rahmad Nur,  di halaman kantor Dukcapil, Jumat  (14/12).

Nata Djudin yang didampingi Wasisno, menjelaskan, pemusnahan tersebut sesuai dengan perintah Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, maka hari ini pihaknya melakukan pemusnahan dengan cara dibakar. \”Pemusnahan KTP invalid ini untuk menghindari penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, maka setelah ada surat edaran dirjen langsung kita eksekusi,\” kata dia.

Baca Juga  HUT ke-27, Pemkab Lambar \'Gowes Bareng\' 7 Km

Sementara Wasisno Sembirin menjelaskan, KTP invalid yang dimusnahkan tersebut terdiri KTP-el 2012 sebanyak 4841 dan KTP-el 2013 sebanyak 1206 total 6.047. KTP dinyatakan invalid, apabila sudah sudah ada pergantian identitas, seperti alamat yang pindah, perubahan status dari belum menikah menjadi menikah, menikah menjadi duda atau janda, bukan karena kesalahan cetak.

\”Dinyatakan invalid apabila ada penduduk Lampung Barat yang pindah alamat, berubah status, maka yang masih terbaca di server hanya KTP yang baru, jadi walaupun ada pihak-pihak yang memiliki KTP ganda bisa dipastikan bahwa yang berlaku dan terbaca oleh server hanya terbitan terakhir, sesuai dengan alamat domisili dan status saat ini,\” kata Wasisno. (iwan)

Baca Juga  Manjakan Wisatawan, Lambar Adakan Pelatihan Kelola Homestay

Komentar