Rail Clinic KAI Kembali Layani Ratusan Warga Rejosari

Redaksi

Kamis, 31 Oktober 2019 - 19:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Natar (Netizenku.com): Untuk yang ke tigabelas kalinya pada tahun 2019 ini, PT KAI Divre IV Tanjung Karang melaksanakan bakti sosial berupa pengobatan gratis dengan menggunakan rangkaian Rail Clinic bagi warga sekitar bantaran rel kereta api. Kegiatan dilakukan di stasiun Rejosari, Rabu (30/10).

Dalam sambutannya, Deputy Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Beny Herbimawan mewakili EVP Divre IV, mengungkapkan, kegiatan diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya warga yang ada di sekitar pinggiran rel sebagai bukti kepedulian perusahaan kepada warga pinggir rel.

\”Ini merupakan salah satu bentuk CSR PT KAI dibidang kesehatan masyarakat, yakni memberikan cek kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga sekitar pinggir rel sekaligus bertujuan mendekatkan diri kepada masyarakat, menjalin keakraban dan silahturahmi,\” kata Beny.

Menurut Beny kegiatan pengobatan gratis ini adalah yang ke-13 kalinya dari 14 kali yang telah diprogramkan selama tahun 2019.

Salah satu tujuan adanya bakti sosial yang telah diselenggarakan sejak 2017 tersebut selain untuk menyehatkan masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan dan dapat dijangkau dengan fasilitas kesehatan barbasis jalan rel, sekaligus untuk menyosialisasikan bahayanya masyarakat yang beraktivitas di sekitar rel.

\”Peran serta Kereta Api dalam menjaga infrastruktur tidak lepas dari masyarakat. Kita tumbuh atas dukungan masyarakat, sehingga diharapakan saling bersinergi dalam menjaga lingkungan. Seperti menjaga rambu-rambu, kabel dan perangkat pendukung geraknya kereta api,\” imbau Beni.

\”Kita saling bekerjasama dalam menjaga lingkungan, apalagi daerah yang rawan banjir. Buang sampah jangan di rel kereta  dan di saluran  yang bisa menyebabkan banjir, sehingga berpotensi gangguan, membuat perjalanan kereta api menjadi tidak selamat,\” lanjut Beni.

Baca Juga  Komisi V DPRD Lampung, Forum Rescue dan Relawan Lampung Kunjungi Basarnas

Sementara itu Manager Humas PT Kereta Api Divre IV Tanjung Karang, Sapto Hartoyo menambahkan, selain layanan rail clinic di antaranya pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan mata, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian, juga dilakukan sosialisasi pendayaguaan aset PT KAI serta sosialisasi keselamatan perjalanan kereta api.

Pembukaan kegiatan rail clinic dihadiri unsur muspika seperti Sekdes Bumi Sari, Adi Kurniawan, Pelda Sugio dari Koramil 421-06 Natar Lampung Selatan, Aiptu Bangun dari Polsek Natar dan sekitar 254 orang warga sekitar stasiun Rejosari yang datang untuk melakukan pengobatan secara gratis.

Baca Juga  Lamsel Gelar Pelatihan Kearsipan

\”Undangan kami berikan sebanyak 250 orang yang pembagiannya kita serahkan kepada pemerintah desa setempat, tetapi bagi masyarakat yang tidak menerima undangpun tetap akan kami layani\” jelasnya.

\”Selain itu pada kesempatan ini juga dilakukan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut serta pembagian kaca mata gratis kepada 30 anak SD Tanjung Sari Natar dan pembagian tas serta merchandise,\” katany.

Muri, salah satu siswi dari SDN 1 Tanjung Sari, yang mendapat bantuan alat sekolah, serta  kacamata gratis dari PT KAI mengaku sangat senang sekali dan berterima kasih.

\”Saya min setengah, ya dikasih kacamata, juga alat sekolah sama PT kereta Api, terima kasih,  PT KAI,\” ujarnya senang. (Leni)

Berita Terkait

Rektor ITERA Paparkan Inovasi Riset untuk Pemberdayaan Masyarakat
Dies Natalis ke-9 Itera, Momentum Peningkatan Kualitas SDM Sains dan Teknologi Sumatera
BI-Pemprov Lampung Panen Bawang Merah di Lampung Selatan
Gubernur Lampung Sambangi Warga Kurang Mampu dan Berbagi Kasih di Bumisari
Demokrat Lamsel Resmi Daftarkan 50 Bacaleg ke KPU
Ribuan Orang Hadiri Tabliqh Akbar dan Festival Sya’ban di Natar
Demokrat Siap Kawal Penuh Pemekaran Kabupaten Bandar Lampung
Divre IV Tanjungkarang Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan Sebidang

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 18:33 WIB

Pelunasan Bipih Tahap Kedua di Buka 13 Hingga 26 Maret, Ini Syarat dan Mekanismenya

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:24 WIB

Marindo Resmi Dilantik Jadi Pejabat Bupati Pringsewu

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:50 WIB

Pemprov Lampung Gelar Asistensi Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:38 WIB

Gubernur Arinal Minta Maksimalkan PON XXI Sumut-Aceh

Kamis, 29 Februari 2024 - 15:10 WIB

Puji Dorong JCH Segera Lengkapi Syarat Pelunasan Tahap II

Rabu, 28 Februari 2024 - 22:05 WIB

Ribuan Peserta Diprediksi Ramaikan Lampung Half Marathon 2024

Selasa, 27 Februari 2024 - 22:42 WIB

Gubernur Arinal Gaet Investor Tingkok

Selasa, 27 Februari 2024 - 15:36 WIB

Pemprov Lampung Rakor Penanganan Dampak Banjir

Berita Terbaru

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, ketika melantik Marindo Kurniawan. Foto: Luki.

Lampung

Marindo Resmi Dilantik Jadi Pejabat Bupati Pringsewu

Jumat, 1 Mar 2024 - 15:24 WIB

Tulang Bawang Barat

Tim Evaluasi Kemendagri Nilai Kinerja Pj Bupati Tubaba Sangat Baik

Jumat, 1 Mar 2024 - 13:09 WIB