oleh

Pokdar Kamtibmas Lambar Sebagai Media Komunikasi Masyarakat-Polisi

Liwa (Netizenku.com): Keberadaan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Lampung Barat, diharapkan sebagai media komunikasi antara masyarakat dengan polisi.

Kapolres Lampung Barat, AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, MH yang juga Dewan Pembina Pokdar Kamtibmas, pada Forum Group Discusion (FGD) di beranda rakyat Mapolres setempat, mengatakan Pokdar Kamtibmas, merupakan organisasi yang kelahirannya di bidani oleh Polri, dalam rangka membantu Polri untuk lebih dekat kepada masyarakat.

\”Alhamdulillah Pokdar Kamtibmas Lampung Barat telah terbentuk, sehingga ke depan akan menjadi penggerak masyarakat cinta Kamtibmas, sehingga serta berperan aktif dalam mensosialisasikan berbagai hal, seperti penyuluhan tentang bahaya narkoba, dan tertib lalu lintas. Serta menangkal paham radikalisme,\” kata Rachmat, Kamis (5/3).

Baca Juga  Parosil Perjuangkan Nasib 3300 Warga Sukapura

Pokdar Kamtibmas ini, kata Kapolres, payung hukumnya adalah perpolisian masyarakat, merupakan kemitraan antara polisi dan masyarakat sehingga diharapkan kemitraan ini bisa lebih berperan kepada masyarakat bagaimana upaya-upaya kita terkait pemecahan masalah, dan melakukan penyuluhan-penyuluhan.

\”Pokdar Kamtibmas ini dapat menjalankan peran sesuai dengan AD ART. Sebagai mitra Polisi, harus memaksimalkan peran, dalam penciptaan Kamtibmas, termasuk dapat secara langsung mensosialisasikan penerimaan polisi, terutama di daerah pedalaman,\” harapnya.

Baca Juga  Perubahan Jam Kerja ASN Lambar Tuai Kritik

Sementara Ketua Pokdar Kamtibmas Jakfar Sodiq, yang didampingi Bendahara, Bamsoed dan Sekretaris, Helda Rina, serta sejumlah pengurus yang dari berbagai unsur, Waka Polres Kompol Vicky Dzulkarnain serta sejumlah PJU Polres Lampung Barat, mengatakan kepercayaan Kapolres kepada pengurus Pokdar Kamtibmas merupakan energi positif untuk berperan serta menjaga Kamtibmas.

\”Terima kasih kepada pak Kapolres yang telah memberikan kesempatan kepada kami pengurus Pokdar Kamtibmas untuk turut serta mengabdi, dan kepercayaan ini akan kami pertanggungjawaban dengan menjalankan roda organisasi sebaik mungkin,\” kata Jakfar.

Baca Juga  OTT Saber Pungli Lambar Ringkus 3 Tersangka

Kedepan kata Jakfar, Pokdar Kamtibmas Lampung Barat, selain akan menyusun program kerja, juga akan mengembangkan organisasi tersebut hingga tingkat kecamatan dan Pekon. Maka dia berharap masing-masing bidang untuk menyusun program kerja.

\”Jangan sampai Pokdar Kamtibmas ini tidak dapat memberikan yang terbaik, maka salah satu program kita adalah membentuk Pokdar Kamtibmas tingkat kecamatan dan Pekon. Dan bagi bidang-bidang diharapkan menyusun program kerja,\” tandasnya. (Iwan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *