oleh

Pemuda Tanggamus Ikuti Bimtek Kader Kebangsaan

Gisting (Netizenku.com): Wakil bupati Tanggamus, Hi Am Syafi\’i Menghadiri Sekaligus membuka Kegiatan Bimtek Bagi Kader Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Kantor Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) di Aula Utama Hotel 21 Gisting Kecamatan Gisting, Senin (29/7).

Hadir pada Kegiatan tersebut Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Kasdim 0424 tanggamus, Wakapolres Tanggamus, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik Azpani Majid, sejumlah Perwakilan OPD, Camat Se-Kab Tanggamus dan peserta Bimtek.

Dalam sambutan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik yang juga ketua panitia penyelenggara Drs.Azpani Majid, MM Melaporkan tentang dasar Kegiatan yaitu: Undang – Undang 1945 pasal 30 ayat 1 bahwa setiap Warga Negara Indonesia mempunyai hak yang sama yaitu hak untuk ikut serta dan menjaga pertahanan dan keamanan Negara yang berarti Warga Negara diharuskan supaya bisa ikut serta dalam usaha mempertahankan Negara dari gangguan dan ancaman baik itu dari Luar maupun dari Dalam Negeri.

Baca Juga  Dewi Handajani Serahkan Bantuan untuk Petani

\”Kemudian hal ini juga sebagai perwujutan dari 55 Progran AKSI DESA Bupati Tanggamus pada poin Kondusif kegiatan Pembentukan Kader Kebangsaan, 1 (satu) orang di setiap Pekon se-Kabupaten Tanggamus,\” Kata Azpani.

Selain itu lanjutnya, ketiatan Bimtek tersebut memiliki maksud dan tujuan sebagai bentuk perpanjangan tangan Pemerintah Daerah dalam rangka mewujudkan ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat.

\”Untuk itu, diperlukan upaya-upaya kewaspadaan dini, deteksi dini dan cegah dini oleh masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana alam karena ulah manusia dan menjaga Kabupaten Tanggamus tetap aman, damai dan tentram baik ancaman dan gangguan dari luar maupun dari dalam negeri,\” bebernya.

Kegiatan yang di laksanakan selama 3 Hari mulai dari Hari Senin tgl 29 Juli sampai dengan Rabu 31 Juli 2019 itu menghadirkan Para Nara Sumber diantaranya dari, DPRD Tanggamus, Polres Tanggamus, Kodim 0424 Tanggamus, Kejari Tanggamus, Kesbang dan Politik Provinsi Lampung serta Binda Provinsi Lampung.

Baca Juga  Tim Gabungan Periksa Kelengkapan Kendaraan Berplat Luar Tanggamus

\”Sedang peserta yang dilibatkan dalam kegiatan ini, terdiri dari unsur pemuda dan Pemudi dari 20 Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus,\” jelasnya.

Sementara dalam sambutan Hi AM Syafi\’i sangat menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut, karena merupakan salah satu upaya pemerintah untuk terus membangun komunikasi dan silaturahmi demi menjaga persatuan dan kesatuan diantara elemen pemuda-pemudi Kabupaten, Tanggamus.

\”Upaya Pembentukan Kader Kebangsaan, adalah untuk membangun kader masa depan bangsa yang berjiwa nasionalis dan Pancasialis. Kader Nasionalis yang kita inginkan adalah kader yang berwatak kerakyatan, memegang teguh independensi yang berlandaskan pada semangat gotong-royong untuk membangun tatanan sosial kehidupan masyarakat menuju kehidupan yang adil dan sejahtera,\” ujar Syafi\’i.

Baca Juga  Tanggamus Salurkan Bantuan Ribuan Pangan Tahap Pertama

Ditengah situasi dan kondisi pergolakan, dinamika bangsa yang selalu dinamis. Pembentukan Kader Kebangsaan ini juga merupakan salah satu dari 55 Program AKSI Bupati Tanggamus yang bertujuan, sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Daerah dalam rangka mewujudkan ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat.

\”Dengan dibentuknya Kader kebangsaan, diharapkan para generasi muda lebih peka terhadap situasi sosial yang terjadi dari waktu ke waktu. Sebab, begitu banyak persoalan sosial yang terjadi di Negara kita saat ini. Selain itu para kader nantinya bisa membantu Pemerintah Daerah dalam menyaring segala informasi atau berita yang memprovokasi agar jangan terpancing dengan segala macam persoalan yang menimbulkan konflik sosial. Salah satu bentuk untuk melakukan pencegahan secara dini terhadap konflik sosial adalah dengan meningkatkan kegiatan-kegiatan yang positif seperti silaturahmi antar umat beragama, kegiatan sosial, kegiatan keagamaan,\” harapnya. (Arj)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *