oleh

Pemprov Lampung Komit Tingkatkan Pembangunan Bidang Kesehatan

Bandarlampung (Netizenku): Pemerintah Provinsi Lampung terus berkomitmen dan berupaya meningkatkan pembangunan di bidang kesehatan. Salah satunya, melalui dukungan penganggaran yang tepat dan terencana, sehingga mampu memberikan pelayanan kesehatan yang optimal dan bermanfaat bagi masyarakat Lampung. Hal itu disampaikan oleh pelaksana tugas (Plt)Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Hamartoni Ahadis, saat membuka seminar perumahsakitan dan hospital fair 2018 yang mengusung tema ‘Kolaborasi Stakeholder Perumahsakitan dalam Menyukseskan Universal Health Coverage 2019’, di Ballroom Hotel Horison, Bandarlampung, Kamis (22/3).

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya seminar dan hospital Fair 2018, sebagai wahana untuk meningkatkan sinergisitas dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat Lampung,” ujar Hamartoni.

Ia menjelaskan, urusan kesehatan merupakan urusan wajib dan mendasar bagi setiap individu agar memperoleh pelayanan yang terbaik di bidang kesehatan. “Dalam mengupayakan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung terus memberikan perhatian di bidang kesehatan. Salah satunya dalam pengalokasian dana untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana, serta pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek,” jelasnya.

Baca Juga  Pemkot Bergerak Bersama IDI Menuju Bandarlampung Zona Hijau
\"\"

Plt Sekdaprov ini juga menjelaskan, pemerintah Provinsi Lampung terus mensupport untuk memberikan dukungan penuh dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit, baik rumah sakit pemerintah maupun swasta.

Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tersebut, harus terdapat inovasi. Selain itu, harus diberikan secara optimal dan baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Lampung. “Tidak hanya pelayan medis, tapi pelayanan non medis juga harus ditingkatkan untuk menunjangnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi), Kunjtoro Adi Purjanto, menyampaikan, Lampung memiliki komitmen tinggi dalam meningkatkan kualitas kesehatan, khususnya rumah sakit di daerah Lampung. “Saya kaget karena Lampung telah melakukan perencanaan terkait acara ini. Hal ini menunjukkan bahwa Provinsi Lampung sangat komitmen dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Lampung,” ujarnya.

Baca Juga  Ombudsman Kembali Proses Dugaan Pemotongan Insentif KB Warga Pahoman

Kunjtoro menjelaskan, salah satu kewajiban Persi adalah membantu anggotanya di daerah untuk meningkatkan kinerja pelayanan, kinerja keuangan dan kinerja manfaat. “Persi terus berupaya dalam meningkatkan kinerja tersebut disetiap daerah, guna kemajuan kesehatan masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Lampung. Saya yakin jika kinerja tersebut terus ditingkatkan maka Lampung akan semakin baik. Untuk itu, terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang telah memberikan dukungan penuh terkait kesehatan di Lampung, terutama pada acara ini,” jelasnya.

Baca Juga  Vaksinasi Tahap 3 dan Anak 12-17 Tahun Mulai 1 Juli

Di tempat yang sama, Ketua Persi Daerah Lampung, Pad Dilangga, menjelaskan, Provinsi Lampung memiliki 59 rumah sakit yang terdaftar di persi Lampung, sebagian tipe C dan D, serta 3 rumah sakit tipe B yaitu RSUD Abdoel Muluk, RSUD Jend. A. Yani, dan RS Urip Sumoharjo. “Rumah Sakit Abdul Moeloek dalam waktu dekat akan menjadi tipe A. Pemerintah Provinsi Lampung terus mendorong RSUDAM dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” jelas Pad Dilangga.

Ia mengatakan rumah sakit semakin dituntut untuk memberikan mutu berkualitas pelayanan kepada masyarakat, sehingga mampu mewujudkan universal health coverage 2019. “Lampung sangat potensial dan strategis, serta menjadi penyangga dari jakarta. Untuk mendukung hal tersebut, semua rumah sakit harus sudah terakreditasi guna mewujudkan universal health coverage 2019,” jelasnya. (Aby)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *