oleh

Pekon Sidokaton Rayakan HUT dengan Tradisi Jawa

Gisting (Netizenku.com): Bupati Tanggamus Dewi Handajani, menghadiri Festival Pekon Sidokaton dalam rangka HUT Pekon Sidokaton ke-12, di lapangan Pekon Sidokaton, Kecamatan Gisting, Kamis (28/3).

Dalam laporan Kakon Sidokaton, Suyud mengatakan, pada kesempatan peringatan HUT Sidokaton yang ke-12 dan baru pertama kali ini dirayakan. Dimomen ini akan dijadikan sebagai sarana dalam menggali dan melestarikan kearifan budaya lokal pekon sidokaton.

\”Dengan mengangkat musik dan gunungan sebagai lambang kemakmuran pekon, harapan kami, seni budaya tradisional masyarakat jawa yang ada di pekon ini akan menjadi aset wisata Kabupaten Tanggamus pada khususnya dan Provinsi Lampung pada umumnya. Dan tradisi Uru lesung adalah merupakan alat penumbuk padi masyarakat sidokaton yang setiap menjelang subuh berbunyi karena kaum perempuan harus menyiapkan beras untuk ditanak (dimasak), sehingga dapat menjadi nasi,\” katanya.

Baca Juga  Camat Pimpin Musyawarah Desa Khusus Penetapan Hasil SDGs

Selain itu, lesung juga dibunyikan secara beramai ramai oleh masyarakat jawa ketika terjadi gerhana bulan, karena saat itu masyarakat jawa mempercayai bahwa bulan telah di telan raksasa dengan di bunyikan lesung secara beramai-ramai maka masyarakat berharap bulan kembali di muntahkan dari mulut sang raksasa.

\”Namun kami pun menyadari, dalam penyelenggaraan ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu kami sangat berharap kepada ibu bupati dapat membimbing kami kepada kebaikan sehingga kami dapat melestarikan tradisi lokal dan di adakan setiap tahun nya. Semoga kegiatan ini dapat menjadi pendukung terwujudnya pekon pariwisata di Kabupaten Tanggamus,\” harapnya.

Baca Juga  Satres Narkoba Polres Tanggamus Amankan 3 Terduga Penyalahguna Narkoba

Sementara Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyampaikan penghargaan dan terima kasih serta ucapan selamat kepada pemerintah pekon dan segenap masyarakat Pekon Sidokaton yang telah berpartisipasi membangun serta memajukan Kabupaten Tanggamus.

\”Selanjutnya perlu saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini, bahwa Pemerintah Kabupaten Tanggamus memiliki komitmen yang tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat,\” katanya.

Memasuki tahun ke-12 usia Pekon Sidokaton, adalah merupakan momentum untuk instropeksi bersama antara pemerintah maupun masyarakat sekaligus menetapkan resolusi atau ketetapan hati berupa kebulatan tekad untuk mengambil sikap guna meningkatkan kesejahteraan, kemajuan dan kemakmuran wilayah.

Baca Juga  Gajah Ngamuk Makan Korban Jiwa

\”Saya sepenuhnya mendukung serta menyambut gembira rangkaian kegiatan yang berorientasi sosial, budaya, kesenian dan olahraga yang dilaksanakan dalam rangka HUT ke-12 Pekon Sidokaton, termasuk seperti siang hari ini yaitu Festival Musik Lesung dan Pentas Seni Kuda Kepang Rangkaian kegiatan ini bagi saya merupakan bukti kepedulian dari Pemerintah Pekon dan masyarakat di Sidokaton untuk senantiasa bersama mengingat, mensyukuri nikmat dan mengisi peringatan HUT pekon-nya dengan kegiatan yang melestarikan budaya, menghibur serta menumbuhkan semangat kebersamaan,\” tambahnya.

Sehingga harapannya bisa dipertahankan serta kedepan mampu ditingkatkan lagi, karena sejalan dengan program pemerintah yang sedang berupaya meningkatkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat.(Rapik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *