BERBAGI
Ilustrasi Istimewa.

Tanggamus (Netizenku.com): Satu warga berstatus orang dalam pantauan (ODP) di Tanggamus yang meninggal dunia pada tanggal 10 Mei 2020 lalu, terkonfirmasi positif Covid-19, Kamis (21/5).

Pasien positif 01 di Tanggamus ini merupakan Pasien Nomor 101 di Lampung. Diketahui, pasien berumur 69 tahun itu merupakan warga Pekon Gedungagung, kecamatan Pulaupanggung, Kabupatén Tanggamus.

Berdasarkan data Kepala Pekon Gedungagung, salah seorang pejabat Pemkab Tanggamus yang bermukim di Griya Abdi Negara Komplek Pemkab Tanggamus pernah berkontak langsung dengan pasien tersebut.

Melalui data yang sama, pasien 01 Tanggamus ini memiliki riwayat perjalanan penyakit tertanggal 22 Maret dengan keluhan Batuk Pilek dan demam pasca memiliki riwayat perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan. Ia juga memiliki riwayat penyakit jantung.

Diketahui, pasien sempat melakukan rapid test di RS Panti secanti Gisting, dengan diagnosis CHF tertanggal 15 April. Namun hasilnya nonreaktif. Sementara pada 16 April, pasien diperbolehkan pulang.

Pada tanggal 2 Mei 2020 sampai dengan 8 Mei, pasien kembali dirawat di RS Mitra Husada Pringsewu dengan keluhan sesak nafas. Saat dirawat pasien menjalani Rapid test kembali pada tanggal 3 Mei dengan hasil nonreaktif, serta dilakukannya pengambilan sampel swab.

Saat menunggu hasil uji swab tiba, kondisi pasien 01 kembali membaik dan diperbolehkan untuk pulang kembali. Namun setelah dua hari kemudian, per tanggal 10 mei 2020 pasien dinyatakan meninggal dunia di kediamannya.

Dikonfirmasi, Kasat Intel Polres Tanggamus AKP Syamsuri, SH.M.H, mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya SlK, via telpon memberikan keterangan terkait hal tersebut.

“Sudah dilakukan rapid tes dua kali hasilnya negatif, kemudian diperbolehkan pulang. Saat mau pulang Negatif, tes dilakukan saat masuk dan mau pulang Negatif, kembalilah dia pada tanggal 8, tanggal 10 meninggal, kan sudah di ambil oleh mitra husada Swabnya, itu dikirim lah ke Palembang, barusan hari ini keluar hasil nya positif covid,” terangnya, Kamis (21/5).

Sementara tim Gugus Tugas Covid Kabupaten saat berita ini diturunkan, melalui Group WA Info Tanggamus menyampaikan undangan konfrensi pers pada pukul 19.30 WIB di Sekretariat Gugus Tugas covid -19 Kantor BPBD Tanggamus terkait pasien 01. (Arj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here