BERBAGI

Kotaagung (Netizenku.com): Sebagai upaya mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), muda/mudi Pekon Talangrejo, Kecamatan Kotaagung Timur, Tanggamus, melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga dan fasilitas umum.

Menurut Ikhsan Kurniawan, kordinator relawan muda mudi Talangrejo dalam kegiatan sosial tersebut mengatakan, selain penyemprotan, pihaknya juga membagikan hand sanitizer dan pamflet informasi terkait virus Corona.

“Kegiatan ini murni inisiatif kami muda mudi Talangrejo, tidak ada keterlibatan pihak lain, selain penyemprotan disinfektan dan pembagian hand sanitizer, kami juga memberikan edukasi ke masyarakat terkait Covid-19 ini, kata Ikhsan Kurniawan, Rabu (1/4).

Awalnya lanjut Ikhsan, kegiatan sosial yang melibatkan puluhan muda mudi Talangrejo ini pesimis mendapat respon dan dukungan dari masyarakat, namun setelah dilakukan warga secara antusias membantu pemuda dan ikut mengarahkan lokasi-lokasi yang dinilai wajib disemprot dengan cairan disinfektan.

“Bahkan menurut masyarakat, kegiatan kami cukup membantu dan membuat masyarakat mengetahui lebih jelas apa itu virus Corona atau Covid-19 ini, dengan turut dibagikan pamflet serta edukasi yang diberikan pemudi, meski pengetahuan kami terkait Covid-19 ini juga masih sangat minim, karena kami pelajari secara otodidak melalui jejaring sosial,” jelasnya.

Terkait ketersedian bahan yang digunakan, Ikhsan mengaku membuat sendiri cairan disinfektan dan hand sanitizer, dimana bahan dan cara pembuatannya ia pelajari melalui video youtube dan media sosial lainnya.

“Untuk membuat cairan disinfektan, kami menggunakan wipol pembersih lantai yang di campur sedikit cairan pemutih pakaian, lalu diaduk dengan air, kemudian untuk pembuatan hand sanitizer, kami menggunakan tumbuhan herbal seperti daun sirih, daun pandan dan daun serai, lalu ketiga bahan tersebut kami rebus dan diambil sari patinya setelah itu dicampur dengan baby oil, setelah dingin kami masukan dalam plastik dan kami bagi-bagikan ke warga, karena ketiadaan dana kami harap warga mencari botol untuk tempat hand sanitizernya agar mudah digunakan,” harapnya.

Lebih lanjut, Ikhsan Kurniawan mengatakan, kegiatan tersebut akan dilakukan secara kontinu, dan berharap ke depan dalam kegiatan serupa mendapat bantuan pihak terkait. Setidaknya ada tim ahli yang turut mendampingi untuk memberikan edukasi ke masyarakat, dan tak kalah pentingnya, untuk dibuat pos informasi Covid-19 ini.

Sementara Riyan, salah seorang pemuda Talangrejo berharap, kegiatan tersebut mendapat dukungan pemerintah terkait.

“Kami berharap ke depan, ada bantuan dari pemerintah terkait, mulai dari peralatan, bahan obat-obatan dan tim pendamping dari kesehatan untuk memberikan edukasi ke masyarakat,” harapnya. (Arj/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here