oleh

Parosil Mengapresiasi Penampilan Orkes Gambus Lampung HRK

Liwa (Netizenku.com): Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, mengapresiasi penampilan orkes Gambus Lampung Himpunan Remaja Karya (HRK) Pekon Canggu Kecamatan Batubrak, yang menghibur sekitar 1500 pegawai dan masyarakat Lampung Barat.

Saat tampil di acara halal bi halal di lobi kantor bupati setempat, 6 Syawal 1440 H, Parosil mengaku Orkes Gambus HRK, sudah disaksikannya sejak masih anak-anak, dan masih bertahan sampai sekarang.

\”Saya waktu anak-anak masih ingat pernah menyaksikan penampilan HRK, dan Alhamdulillah berkat pembinaan yang baik masih bertahan sampai sekarang, dengan alat yang semakin bagus,\” kata Parosil, Senin (10/5).

Baca Juga  TMMD Bangun Jiwa Gotong-royong Masyarakat

Saat ini sudah jarang ditemukan group musik tradisional, yang tergerus dengan alat musik modern, tetapi HRK masih mampu mempertahankan musik asli bumi Sekala Bekhak, tentu ini sangat membanggakan. Apalagi saat ini di Lampung Barat sudah muncul berbagai group Gambus Lampung di berbagai Pekon.

\”Walaupun musik tradisional, tetapi orkes Gambus Lampung yang merupakan salah satu kekayaan seni budaya tetap harus kita pertahankan, karena alunan musik tersebut masih banyak penggemarnya dan tentu harus kita kenalkan dengan generasi muda,\” kata Parosil, seraya berharap generasi muda semakin mencintai budaya asli Lampung Barat.

Baca Juga  Parosil Ajak Semua Elemen Wujudkan Lampung Barat Hebat

Dihubungi terpisah, pimpinan orkes Gambus  HRK, Canggu Seem R Canggu, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Parosil Mabsus, yang membangkitkan kembali seni budaya Lampung Barat, sehingga orkes Gambus Lampung bangkit kembali di rumahnya sendiri.

\”Alhamdulillah dan terima kasih kepada Pak Bupati, yang sangat konsentrasi membangkitkan kembali kesenian tradisional Lampung Barat, sehingga group tradisional tumbuh dan berkembang kembali,\” kata dia.

Baca Juga  Parade Tari Nusantara 2018, Sanggar Seni Setiwang Lambar Wakili Lampung

Menurut Seem, diundangnya group musik tradisional pada setiap acara Pemkab, berarti memberikan ruang bagi penggiat seni untuk tampil, sehingga menambah semangat untuk latihan. Sehingga sinergi antara Pemkab Lampung Barat dengan penggiat seni akan terjaga.

\”Diundang tampil pada kegiatan di Pemkab, diberikan ruang pada setiap peringatan HUT Lampung Barat pada festival Sekala Bekhak dengan memperlombakan berbagai kesenian tradisional, tentu merupakan kesempatan pelaku seni untuk tampil, sehingga semua sanggar seni akan berlomba-lomba untuk meningkatkan kemampuan,\” tandasnya. (Iwan)

Komentar