BERBAGI

Liwa (Netizenku.com): Meningkatnya kasus baru positif Covid-19 di Lampung, menjadi perhatian Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus. Salah satu langkah yang dilakukan yakni mengajak seluruh jajaran Pemkab untuk menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat, tentang bagaimana penerapan new normal.

Selain meminta aparatur pemerintah, Parosil juga melakukan monitoring ke pusat perkumpulan orang. Salah satu yang dilakukan bupati, Selasa (4/8), meninjau langsung pasar di Kelurahan Pasar Liwa Balikbukit. Untuk mengetahui bagaimana penerapan protokoler kesehatannya.

Parosil yang didampingi Wakil Bupati, Mad Hasnurin, menyapa langsung baik pedagang maupun pembeli yang berkumpul di pasar tersebut. Dia berharap masyarakat untuk tetap mematuhi protokoler kesehatan, untuk menghindari penularan virus Covid-19.

“Kita tahu beberapa hari terakhir terjadi peningkatan jumlah penderita Covid-19, Alhamdulillah di Lampung Barat tidak ada kasus baru, untuk itu saya meminta kita semua untuk tetap menjalankan protokoler kesehatan, seperti menggunakan masker saat harus ke luar rumah, jaga jarak dan tidak bersentuhan,” kata Pakcik sapaan akrab Parosil Mabsus.

Menurut Pakcik, walaupun pemerintah sudah mencanangkan new normal, dan sudah diperbolehkan kembali beraktivitas sebagaimana biasanya, bukan berarti dapat kembali berprilaku seperti sebelum adanya pandemi virus Covid-19.

“Awal-awal Indonesia termasuk di Lampung terdapat positif Covid-19, seruan untuk tetap berada di rumah, tetapi hal tersebut berpengaruh dengan ekonomi masyarakat. Maka supaya ekonomi masyarakat tidak semakin sulit, saat ini pemerintah sudah tidak melarang melaksanakan aktivitas harian, tetapi kita harus menjalankan normal baru, sesuai dengan imbauan pemerintah,” jelasnya.

Dikatakan Pakcik, sampai saat ini belum ditemukan vaksin Covid-19, jadi yang perlu dilakukan sekarang adalah menghindari, karena akan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Maka yang perlu dilakukan adalah mendisplinkan diri sendiri, keluarga dan tetap saling mengingatkan.

“Prinsip lebih baik menjaga dari pada mengobati harus kita pegang teguh, apalagi sampai saat ini vaksin untuk mengobati virus Covid-19 belum ditemukan. Langkah satu-satunya adalah berdisiplin diri, saling mengingatkan, karena kalau kita sehat maka akan tetap dapat menjalankan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” tandas Pakcik, yang langsung membagikan masker kepada pedagang dan pembeli yang tidak menggunakan. (Iwan/leni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here