oleh

Pakcik Peduli Warga Miskin

Lampung Barat (Netizenku.com): Sosok muda Bupati Lampung Barat (Lambar), Parosil Mabsus, memiliki jiwa sosial yang tinggi dan sangat peduli terhadap warganya yang kurang mampu. Bahkan bupati yang baru menjabat selama empat bulan tersebut tidak puas hanya membuat kebijakan berdasarkan laporan bawahannya saja.

Terbukti, hanya berbekal laporan dari pihak kelurahan bahwa ada warga lingkungan Sukamaju, Kelurahan Way Mengaku, Balikbukit yang kurang mampu dan hidup di bawah garis kemiskinan, Parosil pun langsung mendatanginya.

\”Saya dapat laporan ada warga saya yang sedang sakit, hidup serba kekurangan, maka hari ini kami silaturahmi langsung dengan keluarga Tugiman (39),\” kata Parosil Mabsus, Senin (16/4).

Baca Juga  Gawat.. Bensin Langka di Lambar

Selain dirinya melihat langsung kondisi keluarga yang tinggal bersama istri dan anaknya di rumah gubuk yang tanahnya milik kerabat, Parosil juga memastikan apakah program pemerintah sudah sesuai sasaran atau tidak.

\”Pak Tugiman dan keluarga layak mendapatkan program pemerintah seperti KIP (Kartu Indonesia Pintar, KIS (Kartu Indonesia Sehat) dan Rastra, dan Alhamdulillah keluarga tersebut sudah mendapatkan layanan program pemerintah tersebut,\” jelas Pakcik, sapaan akrabnya.

Terkait kondisi rumahnya kurang layak, kata Parosil yang didampingi Kadis Sosial Gison Sihite, Lurah Way Mengaku Hadi Sutanto, dan Kadis Kesehatan Paijo, pihaknya telah meminta Basnas kabupaten untuk melakukan bedah rumah.

Baca Juga  Mad Hasnurin Serahkan Mobil Operasional BUM Pekon

\”Untuk lebih cepat perbaikan rumah warga tersebut, saya sudah perintah kan Basnas untuk melakukan bedah rumah secepatnya, sesuai dengan standar rumah gini,\” jelas Parosil.

Sementara Kadis Sosial Lambar, Gison Sihite, mengatakan pihaknya telah mengecek KIS yang dimiliki oleh keluarga Tugiman ternyata ada kesalahan, dan pihak dinas sudah koordinasi dengan pihak BPJS untuk melakukan perbaikan.

\”Menurut Pak Tugiman beberapa waktu lalu dirinya berobat di klinik kesehatan, ternyata oleh pihak klinik diminta bayaran, karena KIS yang mereka miliki bermasalah, dan staf saya sudah mengurus secara langsung,\” kata Gison.

Baca Juga  Agendakan Festival Kopi, Lambar Siap Mendunia

Sementara Lurah Way Mengaku, Hadi  Sutanto, mengatakan selama ini pihaknya telah memfasilitasi keluarga Tugiman untuk menerima manfaat program pemerintah,  dan berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, Tugiman tidak menderita lumpuh layu seperti yang diberitakan selama ini.

\”Keluarga Tugiman mendapatkan manfaat semua program pemerintah, dan kami sampaikan bahwa sakitnya Pak Tugiman bukan karena lumpuh layu tapi akibat jatuh bebarapa waktu lalu,\” ujar Hadi.  (Iwan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *