oleh

MUI Tanggamus Gelar Seminar Penguatan Moderasi Beragama

Gisting (Netizenku.com): Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tanggamus melaksanakan acara seminar sehari penguatan moderasi beragama dalam upaya mencegah radikalisme dan intoleransi antar umat beragama dalam mewujudkan Tanggamus yang kondusif.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, di Aula Hotel 21 Kecamatan Gisting, Rabu (14/9/2022).

Ketua MUI Tanggamus KH. A.Wahid Jamas, menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat tentang moderasi beragama dalam upaya mencegah radikalisme. Ini juga sebuah konsep gagasan besar baik dari tingkat pusat maupun daerah, dan ini merupakan 7 program indikator umat beragama.

Baca Juga  KPU Tanggamus Musnahkan 28338 Lembar Surat Suara Rusak

Bagaimana mempersatukan umat dari kejadian yang tidak kita inginkan. Kemudian membangun ekonomi kerakyatan dari peran kaum ibu, membentuk kader-kader penerus perjuangan, memberdayakan kaum perempuan dari MUI, serta untuk mempersatukan umat di Tanggamus walaupun berbeda agama tetap satu dalam mewujudkan Tanggamus yang kondusif.

Sementara Dewi Handajani, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan seminar sehari ini. Moderasi beragama tujuannya sangat mulia untuk menjaga kerukunan perdamaian kondusifitas di Tanggamus.

Baca Juga  Rozaili Optimis Menangi Pilkakon

“Kita berkomitmen untuk menjaga keutuhan Pancasila bernegara saling menghargai perbedaan agama lain. Kabupaten Tanggamus dapat dikatakan cukup kompleks dari agama suku etnis budaya bahasa yang kalau kita tidak memiliki komitmen akan terpecah belah, bagaimana cara kita siap menjadi agen moderasi beragama dengan tujuan dapat menguatkan komitmen kita dan bagaimana menjaga silaturahmi dan toleransi beragama,” urainya.

Baca Juga  Bakal Calon Ketua PWI Lampung Nizwar Kunjungi PWI Tanggamus

Kemudian lanjut Dewi, dengan kearifan lokal kita bisa menerima suku perbedaan suku budaya adat istiadat agar tetap kita jaga dengan utuh untuk kemajuan bangsa dan negara.

Dengan seminar antar umat bergama dapat diwujudkan dan memberikan edukasi serta sosialisasi beragama di Tanggamus. (Rls/Arj/Len)