Menjadi Produsen Etanol Terbesar, PT MRI Bangun Unit Destilasi di Lampung

Redaksi

Rabu, 25 Juli 2018 - 12:56 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Lampung Timur (Netizenku.com): Ketersediaan tetes tebu sebagai bahan baku yang cukup banyak di Lampung merupakan peluang pengembangan Unit Distilasi Etanol. Oleh sebab itu, PT. Molindo Raya Industrial (MRI) melakukan pembangunan Unit Distilasi Etanol PT. Molindo Raya Industrial Lampung Plant dengan kapasitas 50 juta liter/tahun dan nilai investasi sebesar Rp500 Miliar.

Keseriusan dalam hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan peletakan batu pertama penanda awal pembangunan unit distilasi etanol PT Molindo Raya Industrial Lampung Plant, yang berlokasi di Jalan Ir. Sutami KM 35, Desa Gunung Agung, Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur, Rabu (25/7).

Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka, Achmad Sigit Dwiwahjono, yang ikut hadir dan meresmikan prosesi peletakan batu pertama penanda awal pembangunan berharap, pada tahun-tahun yang akan datang, MRI dapat terus berupaya melakukan terobosan-terobosan untuk meningkatkan daya saing dalam rangka meraih pasar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

\"\"

\”Pemerintah mengapresiasi dan menyambut hangat prosesi peletakan batu pertama penanda awal pembangunan Unit Distilasi Etanol PT. Molindo Raya Industrial Lampung Plant sebagai salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah  untuk mengembangkan industri nasional,\” ungkapnya.

Baca Juga  Poktan Maju Holtikultura Asa Mandiri, Banjarrejo Panen Bawang Merah

Perlu diketahui, Molindo Raya Industial (MRI) adalah pabrik Etanol dengan market share terbesar di Indonesia. MRI telah memproduksi etanol dan spiritus sejak 1965 dengan kapasitas produksi food grade etanol sebesar 80.000 KL per tahun.

Dengan kapasitas produksi sebesar ini, MRI menjadi produsen etanol terbesar di Indonesia dengan kualitas food grade. Molindo memproduksi food grade etanol dengan tingkat kemurnian tinggi hingga bisa mencapai 99,9 persen melalui PT Molindo Raya Industrial yang berlokasi di Desa Sumberwaras Malang.

Produksi etanol Molindo dengan kualitas Prima dan Super serta Extra Super telah banyak dipakai oleh banyak perusahaan besar yang memproduksi rokok, farmasi dan obat-obatan, alat-alat kedokteran, kosmetik juga minuman beralkohol serta perusahaan percetakan. Produk ini diberi merk Molindo Etanol. Gas CO2 sebagai produk kedua yang dihasilkan dari hasil proses fermentasi diproses oleh anak perusahaan Molindo yang bernama PT Molindo Inti Gas yang juga berlokasi di Desa Sumberwaras Malang.

Baca Juga  Dua Anggota DPRD Lamtim akan PAW, Siapa Penggantinya?

Produk ini dijual dengan bentuk Liquid CO2 dan juga Dry CO2 dan dipasarkan dengan brand Molindo CO2. Produk samping Molindo yang berupa limbah proses fermentasi dan destilasi juga telah diolah menjadi pupuk organik dan pupuk kalium dengan merk Molindo Fertilizer. Produk pupuk kalium ini bahkan telah di expor ke New Zealand sebagai produk andalan dari Indonesia. Molindo bekerjasama dengan PT Petrokimia Gresik untuk penyaluran pupuk organik olahan Molindo kepada para petani tebu sebagai wujud CSR perusahaan untuk mendukung proses tanam tebu nasional.

Sementara itu, Komisaris MRI, Sandojo Rustanyo memaparkan, PT. Molindo Raya Industrial adalah produsen etanol yang telah beroperasi sejak tahun 1965 dan telah memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi Indonesia, melalui penyerapan tenaga kerja dan peroleh devisa. Saat ini MRI merupakan produsen etanol terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi sebesar 80 juta liter/tahun.  65 persen produk MRI dipasarkan di dalam negeri dan sisanya 35 persen diekspor sehingga MRI memimpin pasar etanol di dalam negeri.

Baca Juga  Lagi, Lamtim Wakili Lampung di Festival Bintang Vokalis Gambus

\”Produksi etanol MRI digunakan oleh perusahaan yang memproduksi rokok, farmasi dan obat-obatan, alat-alat kedokteran, kosmetika juga minuman beralkohol serta perusahaan percetakan. MRI Lampung Plant selain akan menggunakan bahan baku tetes tebu, nantinya juga akan menggunakan jagung sebagai bahan baku alternatif. Saat ini tidak ada pabrik etanol dengan bahan baku jagung di kawasan Asia Pasifik sehingga nantinya MRI akan menjadi produsen satu-satunya di kawasan Asia Pasifik yang memproduksi etanol dengan bahan baku jagung. Hal ini tentunya akan menambah daya saing MRI di pasar regional sekaligus mendukung program ekspor dari Indonesia.,” paparnya.

Senada, Direktur Utama MRI, Arief Goenadibrata mengatakan, di Lampung nantinya juga akan menggunakan olahan  jagung sebagai bahan baku alternatif mengingat ketidak-tersediaannya pabrik etanol berbasiskan jagung di pasar regional Asia Pacific.

\”MRI nantinya menjadi produsen satu-satunya di Asia Pacific yang memproduksi etanol berbasiskan jagung yang tentunya akan menambah daya saing MRI di pasar regional sekaligus mendukung program ekspor dari Indonesia,\” tukasnya. (Aby)

Berita Terkait

Warung Sehat Inovasi Kimia Farma dan BUMDes Lamtim
Arinal: Sinergi Pemerintah-Masyarakat Alpukat Siger Giri Mulyo Berbuah Manis
SIEJ Simpul Lampung-Balai TNWK Gelar Diskusi Perlindungan Gajah Sumatera
Dewan Dakwah Siap Bangun Perkampungan Keluarga Yatim
OJK Gelar Inklusi Keuangan Syariah di Lampung Timur
Hari Bakti PUPR ke-77, Gubernur Lakukan Penanaman Pohon dan Tinjau Bendungan Marga Tiga
Gubernur Serahkan Tali Asih untuk Warga Lamtim
Pemprov Salurkan 6 Ribu Liter Minyak Goreng dan Sembako di Lamtim

Berita Terkait

Kamis, 23 Mei 2024 - 06:55 WIB

Miris, PT AUTJ Tak Sumbang Dividen ke Pemkab Tanggamus Sejak 2005

Kamis, 2 Mei 2024 - 22:55 WIB

Pj Bupati Tanggamus Lantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Kamis, 2 Mei 2024 - 22:50 WIB

Mulyadi Irsan Serahkan SK Pengangkatan PPPK di Tanggamus

Kamis, 2 Mei 2024 - 10:10 WIB

Hardasyah: Media Bagian dari Deteksi Awal Persoalan di Masyarakat Terutama Stunting

Rabu, 1 Mei 2024 - 18:13 WIB

DPC PDI Perjuangan Tanggamus Tutup Pendaftaran Balonbup-Balonwabup

Rabu, 1 Mei 2024 - 15:18 WIB

Dorong Penguatan UMKM, RKDD Pekon Kampungbaru Gelar Pelatihan Digital Marketing

Selasa, 30 April 2024 - 23:30 WIB

Heri Agus Ambil Formulir Cabup di PDIP Tanggamus

Senin, 29 April 2024 - 19:29 WIB

DPD PAN Tanggamus Buka Pendaftaran Balon Bupati-Wakil Bupati Pilkada 2024

Berita Terbaru

Pesawaran

33 Personel Polres Pesawaran Amankan Waisak di 10 Vihara

Kamis, 23 Mei 2024 - 10:18 WIB

Pesawaran

Satres Narkoba Polres Pesawaran Tangkap Dua Pengedar Sabu

Kamis, 23 Mei 2024 - 10:01 WIB