oleh

Manjakan Wisatawan, Lambar Adakan Pelatihan Kelola Homestay

Liwa (Netizenku.com): Banyaknya kunjungan wisatawan ke Lampung Barat tidak hanya sebatas indahnya destinasi, tetapi harus didukung kemampuan Sumber Daya Manusia  (SDM), terutama tentang pengelolaan homestay, yang menjadi favorit tempat menginap wisatawan.

Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan pembangunan, Muliyono yang membuka pelatihan homestay di Wisma Sindalapay, Kelurahan Pasar Liwa Balikbukit, mengaku saat ini jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lampung Barat terus meningkat, sehingga membutuhkan penginapan yang lebih banyak.

\”Kegiatan ini memberikan pelajaran kepada masyarakat yang menjadikan rumahnya sebagai homestay, dengan harapan pengelolaannya akan semakin baik, dan membuat wisatawan yang berkunjung merasa puas dengan keindahan serta pelayanan yang diberikan,\” kata Muliyono, Rabu (10/12).

Baca Juga  Dandim 0422 Lambar Hadiri Pertemuan Persit KCK

Menurut Muliyono, saat ini homestay menjadi favorit tempat wisatawan menginap, selain harga lebih terjangkau, juga letaknya berada di tengah-tengah alam dengan berbagai view, jadi harus ditata dengan baik, menjaga kebersihan kamar, toilet dan lingkungan.

\”Kebersihan toilet, kamar dan lingkungan menjadi faktor utama apakah wisatawan yang minap betah atau tidak, pengelola juga harus memberikan pelayanan yang ramah sesuai dengan karakter masyarakat Lampung Barat, apalagi homestay yang ada saat ini sebagian besar berada di tengah-tengah perkebunan, tentu menjadi daya tarik tersendiri,\” jelasnya.

Baca Juga  Berusaha Telan Paket Sabu Saat Digerebek, Pejabat di BNS Lambar Diamankan

Sementara Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Ronggur L Tobing, dalam laporannya, berharap pemilik atau pengelola homestay, agar menyampaikan seluruh destinasi yang dapat dikunjungi selama berada di Lampung Barat.

\”Banyak sekali destinasi yang dapat dinikmati wisatawan baik asing maupun lokal selama di Lampung Barat, tentu pengelola homestay harus menyampaikan kepada wisatawan, di mana saja yang wajib dikunjungi selama berada di Lampung Barat,\” harap Ronggur.

Baca Juga  SMP Negeri Sekuting Terpadu Buat Taman Terbuka Membaca

Ronggur juga berharap, dengan pelatihan pengelolaan homestay, masyarakat atau pengelola kebijakan pariwisata, sehingga dapat melakukan pemanduan dengan baik, bisa membuat wisatawan betah, dan menjelaskan potensi apa saja yang ada di destinasi yang akan dikunjungi.

\”Dengan pelatihan ini diharapkan, ke depan ada kreativitas pemilik atau pengelola honestay, sehingga wisatawan akan betah, dan akan kembali ke Lampung Barat, dan seorang pemandu wisata harus tahu, apabila diajak mengunjungi salah satu destinasi, maka mereka akan menyaksikan keindahan apa saja,\” tandas Ronggur. (Iwan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *