oleh

Lima Ikon Bandarlampung Jadi Motif Desain Batik Lampung

Bandarlampung (Netizenku.com): Lima ikon Bandarlampung menjadi motif desain kreasi batik Lampung.

Lima ikon Bandarlampung tersebut yaitu Tugu Adipura, Taman UMKM Bung Karno, Menara Masjid Al Furqon, mural flyover, dan Objek Wisata Sumur Putri.

Pemkot Bandarlampung memberikan pelatihan bagi para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) Batik Lampung kota setempat dengan menghadirkan narasumber dari Arum Batik Tulis Lampung.

Kepala Dinas Perindustrian Bandarlampung, Ardiansyah, mengatakan selain pelatihan bagi IKM Batik, juga diadakan pelatihan untuk IKM Suvenir Kerang dan IKM Olahan Makanan.

Baca Juga  Pemkot Tingkatkan Daya Saing Produk IKM Lewat Kemasan dan Desain Labeling

“Pelatihan kreasi suvenir kerang berupa kreasi pembuatan bunga dari kulit kerang, dan gantungan pot bunga dengan menghadirkan narasumber dari Kerang Tanggai,” kata dia di Hotel Yunna, Bandarlampung, Senin (6/12).

Kemudian IKM Olahan Makanan, lanjut dia, mendapatkan pelatihan produk pengemasan dan desain labeling produk olahan makanan dengan menghadirkan narasumber dari Sumber Prima.

Baca Juga  Pemkot Fasilitasi IKM Pelatihan Digital Marketing

“Berupa kemasan botol minuman, kemasan pempek, kemasan roti bolu, kemasan keripik dan kerupuk,” ujar dia.

Ardiansyah menyampaikan kegiatan pelatihan IKM ini berlangsung sejak 6-8 Desember 2021 di Hotel Yunna, dan diikuti 110 peserta.

Terdiri dari 30 orang IKM Batik, 30 orang IKM Kerang, dan 50 orang IKM Olahan Makanan.

Ardiansyah mengatakan kegiatan itu untuk meningkatkan keterampilan dan kreatifitas IKM Batik dan IKM Suvenir Kerang di Bandarlampung.

Baca Juga  Bachtiar Basri: Membaca, Pilar Kemajuan Bangsa

“Serta menambah pengetahuan dalam hal pengemasan makanan secara higienis dan sesuai standar pengemasan produk olahan makanan,” tutup dia.

Plh Sekda Bandarlampung, Tole Dailami, yang membuka acara mewakili Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana, berharap pelatihan dapat membangkitkan IKM yang terdampak pandemi Covid-19.

“Ilmu yang didapatkan dari narasumber bisa diterapkan dalam produksi dan meningkatkan kualitas yang lebih menarik,” kata dia. (Josua)