oleh

Lansia dan Disabilitas di Lampung Timur Mulai Dapat PKH

Lampung Timur (Netizenku) : Sejak 2017, Program Keluarga Harapan (PKH) mulai merambah ke orang lanjut usia (Lansia) dan penyandang disabilitas.

Artinya, ini baru di PKH, karena sebelumnya PKH hanya mengakomodir Keluarga Miskin yang hanya memliki komponen anak sekolah dan balita atau ibu hamil.

Namun sekarang jangkaunya lebih luas.

\”Di Kabupaten Lampung Timur yang sudah terakomodir oleh Program PKH sesuai dengan Final Closing yang kita lakukan di September 2018 lalu sebanyak 72.938 Keluarga,\” ujar Koordinator PKH Lamtim, Asep Hermawan, Kamis (4/10/2018).

Artinya, lanjut dia, masih banyak masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Lampung Timur yang belum terakomodir.

Baca Juga  Januari-September, Pengadilan Agama Lamtim Terima 1580 Gugatan Perceraian

\”Mudah-mudahan Pemerintah Pusat segera memperluas kembali untuk penambahan calon penerima manfaat PKH, agar semua masyarkat yang layak menerima program PKH bisa terakomodir,\” harap Asep.

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), PKH dan Buku Tabungan (Butab) mulai disalurkan kembali kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH di Kabupaten Lampung Timur (Lamtim).

\”Data penerima manfaat PKH yang disalurkan saat ini merupakan hasil dari validasi yang dilakukan oleh Pendamping Sosial PKH di bulan November tahun 2017 lalu. Penerimanya sebagaian besar adalah Lansia dan disabilitas,\” kata Asep.

Penyaluran KKS tersebut sebagai kartu kombo yang digunakan untuk penyaluran Bantuan Sosial PKH secara non tunai, atau sama seperti fungsi kartu ATM.

Baca Juga  Hari Ini PTM Terbatas Kembali Digelar di Lampung

\”KKS itu nanti yang digunakan sebagai alat bantu untuk mengambil bantuan sosial PKH di Bank penyalur, agen atau ATM,\” jelas Asep.

Untuk di Kabupaten Lampung Timur, ada 8.964 KPM PKH yang akan menerima KKS dan Butab, yang akan dilayani oleh 4 cabang Bank Mandiri yaitu Bank Mandiri Way Jepara 2.222 Keluarga, Bank Mandiri Sribhawono 1.520 Keluarga, Bank Mandiri Tanjung Bintang 343 Keluarga dan Bank Mandiri Kota Metro 4.879 Keluarga.

Baca Juga  Seto Mulyadi Ajak Semua Elemen di Lamtim Lindungi Anak

Untuk penyaluran KKS ini akan dimulai dari Bank Mandiri Way Jepara yang meliputi wilayah Kecamatan Marga Tiga, dengan jumlah penerimanya sebanyak 167 Keluarga, pada 1 Oktober 2018 di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Marga Tiga.

\”Kemudian dilanjutkan penyaluran ke Kecamatan Pasir Sakti, Way Jepara, Braja Selebah, Labuhan Ratu, Jabung dan ke semua kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Timur,\” terang Asep.

Untuk penyaluran ini merupakan penyaluran tahap 3 tahun 2018 gelombang 5, yang merupakan penyaluran untuk peserta PKH baru hasil validasi tahun 2017 lalu, yang sebagain besar adalah Lansia. (Nainggolan)

Komentar