BERBAGI

Liwa  (Netizenku.com): Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Lampung Barat (Lambar), akan menggelar  pameran dan kontes bonsai tingkat nasional, yang dijadwalkan awal hingga pertengahan Juli 2019, di Kebun Raya Liwa (KRL) Pekon Kubuperahu Kecamatan Balikbukit. Pameran mengangkat tema ‘Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bekhak’.

Ketua PPBI Cabang Lambar Widyatmoko Kurniawan mengatakan, pameran dan kontes yang akan digelar tersebut  yakni untuk bonsai kelas prospek, regional, madya dan utama. Untuk peserta tidak hanya berasal dari Provinsi Lampung, namun PPBI Lambar juga  mengundang peserta dari PPBI lainnya di Indonesia.

”Tujuan kita melaksanakan pameran dan kontes bonsai tingkat nasional tersebut, selain menjadi sarana dalam rangka mempererat tali silaturrahmi, juga menjadi kesempatan kita untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Lambar, salah satunya Kebun Raya Liwa,” ujarnya.

Menurut dia, tujuan dilenggarakannya pameran dan kontest tersebut sebagai wujud dukungan terhadap pemerintah daerah dalam menggerakkan ekonomi kreatif, mengingat peserta  tidak hanya berasal dari  Lampung saja, melainkan dari provinsi lainnya yang diharapkan akan berdampak baik terhadap perekonomian maupun pariwisata.

”Untuk  rencana awal, pelaksanaan dari tanggal 4 hingga 16 Juli dengan rincian,  pendaftaran dan Penerimaan Pohon tanggal 4 hingga 6 Juli  atau  selama tiga hari, kemudian penjurian dimulai tanggal 7 hingga 8 Juli, selanjutnya pembukaan serta sarasehan/Workshop tanggal 9 Juli, dilanjutkan pameran bonsai tanggal 10 hingga 15 Juli, dan ditutup tanggal 15 Juli, serta pengambilan Pohon keesokan harinya,namun jadwal tersebut masih bisa berubah menyesuaikan dengan agenda lainnya, ” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan Wawan-sapaan Widyatmoko Kurniawan menambahkan, untuk penggemar  bonsai di Lambar  cukup banyak saat ini tergabung di PPBI Cabang Lambar sudah mencapai 100 orang lebih, dengan koleksi yang cukup banyak, mulai dari klas prospek, Regional, Madya dan Utama, dan telah beberapa kali mengikuti kontes tingkat nasional.

”Jadi event ini selain akan mempererat tali silaturrahmi antar sesama pencinta bonsai, yang berasal dari seluruh kalangan, juga diharapkan menjadi wadah dalam bertukar pikiran terkait seni bonsai, sehingga nantinya bonsai Lambar  bisa mengharumkan nama daerah ini di kancah nasional,” pungkasnya.(Iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here