oleh

Kostiana Beri Pemahaman Ideologi Pancasila ke Masyarakat Sumur Putri

Bandarlampung (Netizenku.com): Sebagai salah satu upaya penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara di tengah masyarakat, Anggota DPRD Lampung Kostiana menggelar kegiatan Sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila dan Wawasan kebangsaan di Kelurahan Sumur Putri, Kecamatan Telukbetung Selatan (18/6).

Kostiana yang juga merupakan Ketua fraksi PDI Perjuangan Lampung ini menyatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan yang sangat penting bagi penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara khususnya terhadap masyarakat.

Baca Juga  Lagi, Kampanye Rycko-Jos Langgar Protokol Kesehatan

“Pentingnya pilar-pilar kebangsaan yaitu Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara,” jelas Kostiana.

Menurut Sekretaris Komisi IV DPRD Lampung ini, pengaruh globalisasi kehidupan yang semakin meluas dan persaingan antar bangsa yang semakin tajam, perlahan dapat mengikis rasa cinta tanah air dan nasionalisme masing-masing warga.

Baca Juga  Awal Mei, Bawaslu Lampung Buka Pendaftaran Penambahan Anggota

Selain itu, menurut Kostiana, Pancasila mengajarkan masyarakat Indonesia untuk hidup rukun, gotong royong dan toleransi, baik antar umat beragama, suku, ras dan budaya. Pancasila bisa membuat perbedaan menjadi satu kesatuan, bukan perpecahan.

“Sosialisasi ini dapat mengingatkan kembali kepada masyarakat khususnya pemuda-pemudi tentang sejarah bangsa Indonesia,” kata Kostiana.

Bendahara PDI Perjuangan Lampung ini berharap generasi muda yang menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI dapat mengamalkan empat pilar kebangsaan.

Baca Juga  Lampung Bakal Terima Alat Tes PCR Corona Akhir April

“Dengan mengamalkan empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Keutuhan NKRI, serta Bhineka Tunggal Ika dapat menjadi pedoman generasi muda. Karena kemerdekaan itu kita raih dengan perjuangan,” tambahnya. (Agis)