BERBAGI

Liwa (Netizenku.com): Pameran dan kontes bonsai di Kebun Raya Liwa (KRL) Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat, yang sudah berlangsung selama delapan hari, mampu menyedot sekitar 5000 pengunjung yang datang dari berbagai wilayah.

Toni, salah satu panitia yang dikonfirmasi saat menjadi tour guide, dengan memberi penjelasan kepada pengunjung tentang jenis pohon bonsai yang dipamerkan, mengatakan untuk mengetahui jumlah pengunjung selama pameran, panitia menyiapkan buku kunjungan, ternyata jumlahnya sangat tinggi.

“Alhamdulillah, sejak pameran yang dilaksanakan sejak 6 Juli lalu, kalau melihat daftar di buku kunjungan sudah mencapai 5000 orang, baik yang datang dari wilayah Lampung maupun dari luar Lampung,” kata Toni, Minggu  (14/7).

Bahkan kata Toni, pengunjung yang datang juga ada kolektor dan seniman bonsai, yang datang langsung dari Bandarlampung, dan mereka mengakui bonsai yang dipamerkan dan ikut kontes betul-betul merupakan karya terbaik dari seniman bonsai dari berbagai provinsi sebagai peserta.

“Hari ini saja (Minggu,red) ada belasan kolektor dan seniman bonsai dari Bandar Lampung, dan  mereka mengaku terkejut, ternyata bonsai yang dipamerkan dan ikut sebagai peserta kontes, merupakan karya terbaik seniman bonsai dari berbagai provinsi yang kerap mereka lihat ketika ada pameran di wilayah lain,” jelas Toni.

Selain meningkatkan kunjungan wisatawan, Toni juga meyakini pameran dan kontes yang akan berakhir pada 16 Juli mendatang, juga mampu meningkatkan perputaran uang, baik transaksi hasil jual beli bonsai, retribusi parkir, meningkatnya hunian hotel, serta rumah makan.

“Pameran dan Kontes ini, berhasil menyumbang PAD Lampung Barat terutama dari retribusi parkir, banyak wisatawan yang menginap di hotel, kuliner, dan hasil jual beli bonsai yang ikut bursa, bahkan terjadi transaksi terhadap bonsai yang yang dipamerkan,” ujar Toni.

Sementara salah satu pengunjung, Bamsoed, mengaku kagum dengan karya bonsai yang dipamerkan, dan memberikan apresiasi kepada PPBI (Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia) PPBI Cabang Lampung Barat, yang telah ikut serta membangun Lampung Barat terutama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Ini bentuk dukungan nyata komunitas bonsai Lampung Barat, untuk perkembangan dunia wisata dan ekonomi kreatif, dan saya memberikan apresiasi kepada PPBI yang telah secara swadaya menggelar event pameran dan kontes sekala nasional,” ujarnya. (Iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here