BERBAGI

Liwa (Netizenku.com): Terobosan Polres Lampung Barat, melalui Satuan Intelkam dan Sat Reskrim, melakukan pelayanan keliling pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), mendapat respon positif dari masyarakat Pesisir Barat. Hal tersebut dari banyaknya masyarakat yang memanfaatkan program tersebut.

Kapolres Lampung Barat, AKBP Rachmat Tri Haryadi, melalui Kasat Intelkam Iptu Dyvia Ardianto, S.Ik, mengatakan program yang diberi nama Jemput Bola SKCK dan Sidik Jari Sehari Jadi (Jempol Si Jari Lambar), mulai diluncurkan hari ini untuk wilayah Pesisir Barat.

“Kalau selama ini masyarakat Pesisir Barat harus datang ke Mapolres, yang jaraknya cukup jauh, maka saat ini cukup datang ke Balai Pekon Kampung Jawa, membawa berkas persyaratan, maka SKCK langsung jadi,” kata Dyvia, Kamis (10/10).

Dijelaskan Dyvia, pelayanan SKCK keliling melibatkan dua fungsi, yakni Sat Intelkam dan Sat Reskrim, karena dalam pembuatan SKCK juga dilakukan sidik jari, yang memiliki fungsi yang sangat penting, seperti SKCK dibutuhkan untuk keperluan melamar pekerjaan dan sidik jari sangat penting untuk keperluan identifikasi.

“Dari sekitar 50 pemohon SKCK hari ini sebagian besar untuk syarat mencari pekerjaan, artinya program ini sangat diharapkan masyarakat. Sementara sidik jari untuk bahan identifikasi, karena tidak ada manusia yang memiliki sidik jari yang sama persis,” jelasnya.

Melihat antusias masyarakat Pesisir Barat membuat SKCK, kata Dyvia, program Jempol Si Jari Lambar akan terus dilanjutkan, jadi bagi masyarakat Pesisir Barat yang akan membuat SKCK dan dibutuhkan tidak mendesak, bisa menyesuaikan dengan jadual pelayanan keliling.

“Antusias masyarakat hari ini sangat tinggi, sehingga pelayanan keliling akan kita lanjutkan, di Polsek Bengkunat pada minggu 1 dan 2, Polsek Pesisir Tengah pada minggu 1 dan 3, Polsek Pesisir Utara pada minggu 1 dan 4 dan di Polsek Pesisir Selatan pada minggu 2, Minggu 1 dari tanggal 7-13 Oktober 2019, Minggu 2 dari tanggal 14-20 Oktober 2019, Minggu 3 dari tanggal 21-27 Oktober 2019 dan Minggu 4 dari tanggal 28 Otober-3 November 2019” jelas Dyvia.

Sementara Ketua Apdesi Kabupaten Pesisir Barat, Arif Mufti mengucapka terima kasih atas Pelayanan SKCK keliling dari Sat Intelkam Polres Lampung Barat, karena kegiatan tersebut sangat membantu warga setempat.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Sat Intelkam Polres Lampung Barat yang mempunyai terobosan berilian berupa pelayanan pembuatan SKCK keliling, karena program ini semakin meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan apabila harus ke Liwa Lampung Barat, juga mempercepat masyarakat mendapatkan SKCK,” kata Arif. (Iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here