oleh

IDI Bandarlampung: rantai dingin vaksin Pfizer harus terjaga

Bandarlampung (Netizenku.com): Ribuan warga Kota Bandarlampung mulai hari ini disuntik vaksin Covid-19 merek Pfizer dalam acara Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Lapangan Saburai, Enggal, Jumat (8/10).

Pemerintah Kota Bandarlampung menyediakan 60.000 dosis vaksin Pfizer.

Baca Juga: Ribuan Warga Bandarlampung Disuntik Vaksin Pfizer

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Bandarlampung, dr Aditya M.Biomed, berharap cold chain atau rantai dingin vaksin Pfizer terjaga dengan baik untuk menjaga kualitas vaksin.

“Kalau bisa mempertahankan suhunya minus 70°C bisa tahan berhari-hari. Tergantung expirednya, kalau misalnya ada masalah begitu ya mesti cepat disuntikkan,” kata dia saat dihubungi dalam acara vaksinasi di Grahawangsa, Bumi Waras, Bandarlampung.

Baca Juga  Akselerasi Percepatan Vaksinasi dengan Kesiapan SDM dan Vaksin

Rantai dingin adalah sistem yang digunakan untuk menyimpan dan mendistribusikan vaksin untuk menjaga kualitasnya.

Dimulai dari pabrik, pengiriman, ke tempat penyimpanan pusat, penyimpanan daerah, fasilitas kesehatan, sampai akhirnya disuntikkan ke tubuh manusia.

“Insyaallah bisa kalau di Bandarlampung, karena dari Jakarta langsung ke Lampung. Tapi kalau misalnya di luar Bandarlampung, saya agak khawatir,” tutup dia.

Dilansir dari World Health Organization (WHO), Moderna stabil selama disimpan dalam suhu beku -25 sampai -15 derajat Celcius.

Baca Juga  Batas Waktu 14 Hari Terlewati, Pemkot Masih Tunggu Niat Baik Bakso Sony

Jika disimpan dalam suhu 6 sampai 8 derajat Celcius, usianya bisa bertahan 1 bulan. Sedangkan pada suhu ruang maksimal 25 derajat Celcius, hanya bisa bertahan 24 jam.

Pfizer jauh lebih rumit hingga prosesnya disebut ultra cold chain. Vaksin ini harus disimpan di kulkas khusus dengan suhu -70 derajat Celcius untuk bertahan selama 6 bulan dari tanggal pembuatan di pabrik. 

Pfizer bisa disimpan di kulkas yang lebih banyak tersedia, yaitu pada suhu -25 sampai -15 derajat Celcius. Namun, masa berlakunya hanya selama 2 minggu. Jika sudah masuk ke suhu ruang, hanya bertahan 24 jam. Bahkan jika sudah diencerkan, hanya bertahan 6 jam. 

Baca Juga  Dinkes Bandarlampung Minta RS Tambah Ruang Isolasi

Selain itu, Pfizer harus dikirim dalam kotak khusus menggunakan biang es yang harus diisi lagi setiap 5 hari sekali atau jika es sudah menyublim. Kotak khusus tersebut disebut thermal shipper yang memiliki suhu -90 derajat sampai -60 derajat.

Ditambah, baik Moderna dan Pfizer sangat rentan guncangan dan tidak boleh dipakai jika sudah dikocok. (Josua)

Komentar