BERBAGI

Lampung Timur (Netizenku.com): Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari melakukan pemukulan gong sebanyak 9 kali tanda dibukanya acara Festival Way Kambas ke-XIX, Sabtu (9/11).

Event yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kabupaten Lampung Timur tersebut dihadiri Menteri Pariwisata Republik Indonesia yang diwakili oleh Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Destinasi Wisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI Reza Fahlevi, Anggota DPRD Provinsi Lampung Muhammad Khadafi dan Azwar Hadi, Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Subakir, para Anggota DPRD Lampung Timur, Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten, Syahrudin Putera, Ketua TP PKK, Puteri Ernawati Zaiful Bokhari beserta Organisasi Wanita, dan Para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan Bagian di Kabupaten setempat.

Pada acara Festival Pesona Way Kambas kali ini dilakukan juga parade gajah sebanyak 15 ekor yang sekaligus membawa iring-iringan bupati beserta tamu undangan dan diiringi penampilan dari kesenian bela diri Kuttau Lampung.

Selain kegiatan tersebut, beberapa kegiatan juga telah dilakukan yaitu kegiatan fun bike yang lokasi start di lapangan Wayjepara, lomba tari melinting, pembukaan kemah Saka Pariwisata di rest area Taman Nasional Way Kambas.

Kemeriahan semakin berlanjut dengan tampilnya parade budaya yang menampilkan berbagai macam keanekaragaman hasil bumi, ciri khas, dan budaya dari 24 kecamatan yang ada di Lampung Timur. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan atraksi polisi cilik yang merupakan didikan dari Polres Lampung Timur dan baru saja beberapa waktu yang lalu berhasil menjadi juara ditingkat Provinsi Lampung dan akan segera tampil di depan Presiden RI di Istana Bogor.

Kemudian, pada festival yang mengangkat tema Bersama Membangun Alam dan Budaya Untuk Lampung Timur Sejahtera tersebut ada juga pengalungan bunga kepada bupati dan para tamu penting lainnya yang dilakukan oleh gajah, melakukan atraksi pemeriksaan kesehatan, serta pengibaran bendera Festival Pesona Way Kambas. Selain itu ditampilkan pula tari-tarian mulai dari tari sigeh punguten hingga tari kreasi sebagai bentuk promosi budaya kepada para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Zaiful Bokhari menyampaikan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat semakin memperkuat branding Taman Nasional Way Kambas dan Kabupaten Lampung Timur di kalangan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara.

“Penyelenggaraan festival yang sudah diselenggarakan ke-19 kalinya ini diharapkan mampu menjadi ajang promosi kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Kabupaten Lampung Timur. Karena selain sebagai festival unggulan di Kabupaten, Festival Way Kambas juga menjadi salah satu festival unggulan Kementerian Pariwisata RI, untuk itu festival ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan dan konsisten agar semakin memperkuat branding Taman Nasional Way Kambas dan ajang promosi bagi wisata lain yang ada di Lampung Timur,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Zaiful sekaligus mengajak peran aktif masyarakat untuk hadir dalam aktivitas wisata dengan mengoptimalkan potensi desa di setiap destinasi wisata dan membawa dampak peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Saya berharap dengan adanya Festival Way Kambas ke-19 ini dapat meningkatkan jumlah pergerakan wisatawan nusantara dan mancanegara, mari sama-sama kita bergandengan tangan untuk membangun Lampung Timur karena pemerintah daerah tidak dapat berjalan dan bekerja sendiri tentunya tanpa dukungan, kerjasama serta doa dari seluruh masyarakat dan rekan media,” ungkapnya.

Ditempat yang sama Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Destinasi Wisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI Reza Fahlevi mengatakan, bahwa sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, karena melalui kegiatan semacam ini banyak dampak positif yang didapatkan.

Salah satu sarana atau strategi untuk mempromosikan wisata adalah melalui event atau kegiatan, karena melalui itu kita mampu menghadirkan banyak orang, baik itu wisatawan nusantara maupun mancanegara. Selain itu, kegiatan ini juga untuk melestarikan budaya dan alam, serta menciptakan lapangan pekerjaan sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat.

“Oleh karena itu kami mengapresiasi yang sebesar-besarnya atas apa yang sudah dilakukan oleh Pemkab Lampung Timur ini,” ujarnya.

Pada acara pembukaan Festival Way Kambas kali ini, diadakan pula lomba Festival Kuliner, dan sebagai juara pertama pada lomba ini ialah, Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, sedangkan juara dua adalah Dinas Kesehatan, dan Sekretariat DPRD Lampung Timur sebagai juara ketiga. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here