BERBAGI

Liwa (Netizenku.com): Setelah menjalani perawatan dan isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUD AU) Lampung Barat, selama 21 hari, dua pasien positif Covid-19 cluster Temboro, Magetan Jawa Timur, dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Direktur RSUD AU, dr. Widyatmoko Kurniawan, S.Pb, menjelaskan, 7 Mei lalu, setelah dinyatakan positif berdasarkan hasil swab/PCR, MM dan FA warga Kecamatan Batu Ketulis, sesuai dengan perintah bupati agar keduanya dirawat dan isolasi di RSUD AU.

“Alhamdulillah, berdasarkan hasil swab/PCR, keduanya sudah dinyatakan negatif, setelah menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit selama 21 hari sesuai dengan permintaan bupati. Dan hari ini keduanya sudah diantarkan untuk pulang ke rumah masing-masing,” kata Widyatmoko, Kamis (29/5).

Kepulangan keduanya dari RSUD AU, selain disaksikan pihak rumah sakit, juga disaksikan Kadis Kesehatan, Paijo, Sekretaris Gugus Tugas, Maidar dan Kadis Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Padang Prio Utomo, kata Wawan sapaan akrab Widyatmoko Kurniawan, diantar menggunakan ambulans sampai ke lokasi penjemputan oleh keluarga.

“Kedua pasien tersebut sudah diantarkan menggunakan ambulans, tetapi karena sudah sembuh petugas yang mengantarkan tidak menggunakan APD lengkap, hanya menggunakan masker, sampai ke lokasi yang telah ditetapkan, di mana sudah ada keluarga mereka yang melakukan penjemputan,” jelasnya.

Dijelaskan dokter spesialis bedah tersebut, pihaknya sudah melakukan dua kali tes swab/PCR, dan hasilnya negatif, jadi diminta kepada masyarakat untuk tidak mengucilkan apalagi antipati terhadap orang yang pernah terserang virus Corona. Tetapi dirinya berpesan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Kami pastikan keduanya sudah clear dari virus Corona, jadi tidak ada alasan kita untuk mengucilkan apalagi antipati, karena tidak akan menjadi sumber penularan. Namun, diharapkan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, serta menjaga imunitas tubuh,” harapnya.

Terpisah, Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran RSUD AU, yang telah merawat kedua warganya yang positif Covid-19. Parosil juga mengajak masyarakat untuk dengan tangan terbuka menyambut kepulangan keduanya.

“Alhamdulillah kalau keduanya sudah sembuh dan diperbolehkan pulang. Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada petugas di RSUD AU yang telah melakukan perawatan, dan saya mengajak masyarakat untuk menerima mereka seperti sediakala, jangan sampai dikucilkan dan mari kita tetap menjaga kesehatan, dengan menjalankan pola hidup yang sesuai dengan protokol kesehatan,” kata Parosil. (Iwan/leni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here