Diduga Suara ditukar, PPK Tanjung Senang Gelar Perhitungan Ulang

Redaksi

Kamis, 2 Mei 2019 - 13:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bandarlampung (Netizenku.com): Lantaran terindifikasi terjadi pertukaran suara pada calon legislatif antar partai, PPK Tanjung Senang, Bandarlampung terpaksa harus melakukan Penghitungan Suara Ulang (PSU), di kantor Kecamatan Tanjung Senang, Rabu (1/5).

PSU berlangsung sejak pukul enam petang (1/5) hingga dini hari (2/5). Disebabkan terkait dugaan pertukaran sura pada calon DPR RI Dapil 1 Lampung, yakni dengan nomor urut 1, Hidir Ibrahim dan nomor urut 2, Muhammad Kadafi, yang kedunya merupakan kader calon Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Selaku Ketua PPK Tanjung Senang, Sarbini memberi keterangan,  ia membenarkan atas dugaan tersebut, “kami sedang melakukan penghitungan ulang, khusus DPR RI yang kita itung ulang dan kotak suara kita bongkar kembali, karena salah satu caleg dan timnya meminta penghitungan ulang untuk memastikan tidak ada yang di rugikan ujarnya.” ungkapnya, Kamis (2/5) dini hari.

Akan tetapi, Sarbini mengatakan, bahwa sejauh hasil rekapitulasi suara ini pihaknya memberi keterangan jika peristiwa tersebut merupakan kesalahan human error,”kami menduga ini ada salah input data dari tingkat PPS, sehingga ketahuan ada ketimpangan suara setelah dihitung ulang.” ujarnya.

Sementara, salah satu saksi dari caleg tersebut, Robby mengungkapkan atas kesaksiannya dalam perhitungan suara yang sebelumnya diduga ada ketimpangan. Kemudin ia meminta PSU, dan ditemukan sebanyak 70 sura yang tertukar.

“Iya, memang kami meminta untuk dilakukan penghitungan suara ulang,  karena ada ketimpangan suara , banyak suara yang tidak sesuai dengan salinan C1 yang kami pegang, selisih suara itu ada 70an lah kalo di total,  dan itu sangat merugikan kami,  jadi setelah dilakukan penghitungan ulang ketahuan kesalahan input itu ada di PPS Pematang dan Labuhan Dalam.” terang Robby.

Baca Juga  Dewan Pers Himbau Pemda Dukung Terbentuknya Media Watch

Berdasaran pantauan Netizenku.com, terlihat Ketua Bawaslu Bandarlampung, Candrawansyah melakukan pemantauan kegitan PSU tersebut.  Atas peristiwa itu ia memberikan keterangan, untuk melakukan investigasi. “Akan kita investigasi atas siapa aktornya kalau disengaja, apakah memang karena faktor human error atau faktor disengaja, kalau ada unsur kesengajaan pasti akan kita tindaklanjuti dengan peraturan yang berlaku. Namun secara dministrasi sudah diperbiki.” kata Candrawansyah.

Baca Juga  Tunaikan Amanah Umat, ACT Lampung Santuni Korban Kebakaran di Way Halim

Disisi lain, Munir Abdul Haris selaku ketua tim pemenangan Khadafi menyesalkan kejadian tersebut. Menurutnya, hal itu sangat merugikan terhadap pihaknya, “ini kan suara rakyat, seharusnya suara rakyat ini harus dijaga, walaupun ada indikasi kecurangan yang diduga dilakukan oknum panitia. Kalau dari forum tadi beralasan bahwa ini ada kesalahan input data tapi kenapa kesalahan inputnya ini terkesan masif dan terarah\” ujar Munir.

Ia mengungkapkan,  terdapat beberapa di kabupaten  dapil 1 Lampung  yang terindikasi ada ketimpangan serupa, “ini masih kami bedah dan sedang kami kumpulkan bukti-buktinya untuk kami bawa ke sidang pleno KPU nanti.” tutupnya. (Adi)

Berita Terkait

PLN Cek kWh Meter Pelanggan untuk Cegah Bahaya Kebakaran
2 Unit Tambahan Mobil Pemadam Isi Pos Labuhan Ratu dan Telukbetung Utara
Ditutup Sementara, Gudang Bungkil Way Laga Diminta Keluarkan CSR
Kanwil Kemenkumham Lampung Gelar Coffee Morning dengan Insan Pers
Dispora Bakal Lakukan Digitalisasi Gelora Siger Way Halim
Dinilai Anggap Remeh, KPU Bandarlampung akan Didemo 
Gelora Siger Way Halim Ditarget Rampung Oktober
Partai Perindo Lampung Gelar Fit and Proper Test Calon Bupati dan Wakil Bupati Tubaba

Berita Terkait

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:04 WIB

Tantangan dan Kendala Penanganan TBC di Lampung

Jumat, 14 Juni 2024 - 14:07 WIB

IKM Lampung Didorong Kantongi Sertifikat TKDN-IK

Kamis, 13 Juni 2024 - 20:45 WIB

PLN Cek kWh Meter Pelanggan untuk Cegah Bahaya Kebakaran

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:18 WIB

Program Vokasi Tingkatkan Kualitas Lulusan SMK di Lampung

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:15 WIB

Diskeswan Tingkatkan Upaya Pencegahan Penyakit Zoonosis pada Hewan Kurban

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:12 WIB

PPPA Himbau Masyarakat Berani Lapor Ketika Menjadi Korban Kekerasan

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:06 WIB

Pemprov Bakal Evaluasi PRL 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 13:05 WIB

PLH Gubernur Lampung Pimpin Rapat Perdana, Tekankan Keberlanjutan Program Kerja

Berita Terbaru