BERBAGI

Gisting (Netizenku.com): Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, menghadiri acara Pengukuhan Pengurus dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke I, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tanggamus Masa Khidmat 2020- 2025, di aula Hotel 21, Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Selasa (28/7).

Dalam kegiatan yang bertema “Peran Ulama Sebagai Khodimul Ummah Menuju Tanggamus Yang Madani” itu, dihadiri Ketua MUI Provinsi Lampung, KH. Khoirudin Tahmid, Wakil Bupati Tanggamus, Hi. AM. Syafi’i, Ketua MUI, KH. Wahid Zamas, Kapolres, AKBP Oni Prasetya, S.IK, Kajari, David Palapa Duarsa, Kepala Kantor Kementerian Agama, Hi Murdi Amin, Kapten Inf. Sanusi mewakili Dandim 0424, Staf Ahli, Firman Rani, Kadis Kominfo, Sabaruddin, para ketua MUI kecamatan, serta ketua Ormas Islam.

Dewi Handajani, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para pengurus MUI Kabupaten Tanggamus yang baru saja dikukuhkan.

“Semoga amanah dalam menjalankan tugasnya, dapat mengemban amanah masyarakat dengan baik serta dapat meningkatkan pemahaman keagamaan kepada masyarakat di Kabupaten Tanggamus seluruhnya,” kata Dewi.

Pemerintah Kabupaten Tanggamus pada saat ini senantiasa meningkatkan pembangunan yang secara terus menerus dilaksanakan, tidak lain bertujuan untuk mewujudkan kemajuan di segala bidang, memacu pertumbuhan ekonomi untuk mencapai kesejahteraan yang merata, serta menciptakan pembangunan sumber daya manusia yang ideal berkarakter serta berdaya saing.

Dewi melanjutkan, kehadiran MUI yang merupakan mitra pemerintah dalam upaya menguatkan akhlak umat Islam, agar memiliki Akhlakul Karimah.

“Diharapkan dengan telah dikukuhkannya saudara-saudara, akan menjadi tauladan yang bertujuan untuk membangun umat kearah yang lebih baik,” ujarnya.

Bupati juga berharap agar pengurus MUI yang baru dikukuhkan, lebih proaktif di berbagai bidang, baik pendidikan, fatwa, pemberdayaan umat dan pengkajian agama.

“Saya berpesan kepada pengurus MUI, agar bisa bekerjasama dalam menjalankan tugas dengan penuh keikhlasan, penuh pengabdian, dan dapat pula membangun kebersamaan seluruh unsur organisasi dan semua elemen masyarakat Kabupaten Tanggamus baik Pemerintah Daerah, TNI maupun Polri,” katanya.

Sementara Khoirudin Tahmid, mengatakan bahwa tugas MUI adalah membantu Pemerintah dalam melakukan hal-hal yang menyangkut kemaslahatan umat Islam.

“Seperti mengeluarkan fatwa dalam kehalalan sebuah makanan, penentuan kebenaran sebuah aliran dalam agama Islam, dan hal-hal yang berkaitan dengan hubungan seorang muslim dengan lingkungannya. Seperti bagaimana kita melayani umat, mendidik umat, dan bagaimana panduan dalam beribadah pada masa ini (pandemi Covid-19). Termasuk mengenai bagaimana melaksanakan shalat Idul Adha dan cara penyembelihan qurban,” katanya.

Ia juga menyampaikan harapannya, agar Kabupaten Tanggamus yang sudah menjadi yang terbaik dalam meraih Juara MTQ yang keempat kalinya, untuk dapat terus mempertahankannya.

“Disini juga peran MUI bisa bersinergi dalam melayani umat. Termasuk dalam menangani Satgas Covid-19,” pungkasnya.

Adapun Susunan Pengurus MUI Kabupaten Tanggamus Masa Khidmat 2020-2025, yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan MUI Provinsi Lampung Nomor: Kep- 028/DP-P IX/SK/4/2020, yaitu ;

I. Dewan Pertimbangan :
Ketua : Drs. H. Murdi Amin. M.Ag
Sekretaris : Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Tanggamus
Anggota : KH. Hasbi Alim
KH. M. Rois
Hi. M. Sholeh, MM.
Drs. KH. Darsono

II. Dewan Pimpinan Harian :
Ketua Umum : KH. A. Wahid Zamas
Ketua I : KH. Ahmad Sultoni
Ketua II : Ismail, M.Pd.I
Ketua III : Arpin, S.Pd., MM.
Ketua IV : Hi. Agoeng Basori, S.Pd., MM.

Sekretaris Umum : Hajuli. S.Pd
Sekretaris I : Junaidi Mancegine
Sekretaris II : Saiful Arpan. S.Pd., M.Pd.I.
Sekretaris III : Bambang Mugiono, S.Kom.

Bendahara Umum : Irwandi, S.Sos.I., M.Pd.
Bendahara I : Prima Kurniawan, A.Md.
Bendahara II : Nazomi, S.Kom.

Usai pengukuhan, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan Rapat Kerja Daerah ke I, MUI Kabupaten Tanggamus. (Arj/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here