BERBAGI

Kotagung Barat (Netizenku.com): Bupati Tanggamus, Hj Dewi Handajani, menghadiri Pelantikan Siswa/Siswi baru Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Kotaagung Angkatan XVII Tahun ajaran 2019/2020, Kamis (12/9).

Dalam sambutannya, Dewi mengatakan, diera globalisasi dan persaingan pasar bebas, Bangsa Indonesia sebagai Negara Maritim dihadapkan pada peluang dan tantangan untuk menjadi bangsa yang maju dan makmur. Selain itu salah satu program pemerintah dalam bidang kelautan dan perikanan adalah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Dalam rangka menghadapi tantangan, memanfaatkan peluang dan mewujudkan serta menyukseskan program pemerintah tersebut perlu dilakukan pembenahan pada faktor-faktor penentu antara lain mutu SDM, kemajuan teknologi dan kemampuan efisiensi dalam berbagai bidang perikanan, pengembangan SDM kelautan dan merupakan salah satu ujung tombak dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

“Terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan telah membangun dan mengembangkan SUPM di Kotaagung, sebagai salah satu mata rantai pembangunan SDM di bidang Kelautan dan Perikanan di wilayah ini. Saya berharap keberadaan SUPM mampu mendukung program-program pembangunan di Kabupaten Tanggamus khususnya dalam bidang kelautan dan perikanan maupun bidang lainnya,” katanya.

Diketahui lanjut Dewi, dari 128 siswa baru ini, anak-anak dari Tanggamus berjumlah 36 siswa. Selebihnya ada 7 siswa dari Kabupaten Pringsewu, 10 dari Pesawaran, Pesisir Barat 6 siswa, Lampung Utara 11 siswa, 12 dari Lampung Timur, 4 dari Bandarlampung, Lampung Selatan 5 siswa, Tulangbawang 6 siswa dan Lampung Tengah 2 siswa. Selain itu terdapat juga siswa dari Provinsi di luar Lampung yaitu dari Provinsi Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Banten sampai ada siswa paling jauh yakni dari Provinsi NTT.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan selamat kepada adik-adik siswa/siswi baru SUPM Negeri Kotaagung yang baru saja dilantik. Pada Tahun Ajaran 2019/2020, kalian semua tergabung dalam Angkatan ke-17 dengan total siswa 128 orang terdiri dari 93 siswa putra dan 35 siswi putri. Kami merasa bangga, kalian telah menjadi bagian dari pendidikan kemaritiman di sekolah ini,” ujar Dewi.

Karenanya kepada para guru, pengajar dan instruktur di sekolah ini bupati berharap, dapat maksimal dalam mendidik dan menggebleng siswa/siswi baru, ini merupakan tugas sungguh mulia karena nantinya akan menjaga dan mengawasi siswa/siswi selama 24 jam.

Terlebih saat ini, informasi dan komunikasi global begitu mudah dimasuki anak-anak yang terkadang berdampak buruk, karena arus komunikasi dan informasi dari Handphone khususnya ini tentu dapat berdampak kompleks dan dapat saja menghambat proses pendidikan.

“Namun, saya menilai bahwa SUPM Negeri Kotaagung telah mampu mengukuhkan dirinya sebagai kampus atau sekolah yang handal, hal ini dibuktikan salah satunya dengan SUPMN Kotaagung berhasil menjadikan sekolah tujuan utama bagi angkatan pelajar yang berminat menempuh pendidikan di bidang perikanan. Tidak hanya dari wilayah Tanggamus dan sekitarnya, tetapi juga dari seluruh Lampung hingga luar Provinsi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, lulusan dari SUPM Negeri Kotaagung juga mampu membuktikan kualitas alumninya, serta mampu mewarnai dunia perikanan seantero nusantara. Sehingga tumbuh dorongan dari masyarakat di seluruh Lampung dan luar Lampung untuk mengirimkan putra-putrinya ke SUPM Negeri Kotaagung untuk mendapatkan pendidikan perikanan dan kelautan yang memadai.

Selain sektor pertanian, perikanan dan pariwisata menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat Tanggamus. Pemda Tanggamus dalam waktu dekat, berusaha untuk menggoalkan proyek industri besar agar hadir di wilayah ini, yaitu Kawasan Industri Maritim (KIM) di Kecamatan Kotaagung Timur dan Kecamatan Limau.

Kawasan Industri Maritim di Tanggamus ini, merupakan salah satu Proyek Strategi Nasional (PSN) yang telah ada dalam Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN). Oleh karenanya Kami sangat bersyukur bahwa di wilayah kami telah memiliki sekolah yang akan menghasilkan sumberdaya manusia yang kompeten dibidang kemaritiman.

“Kita berharap lulusan SUPM nantinya menjadi salah satu pencetak SDM yang handal dan sangat dibutuhkan keilmuan dan keahliannya dalam bidang kelautan dan perikanan bagi Industri Maritim, khususnya bagi pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan di wilayah Tanggamus yang memang sangat melimpah dan luar biasa,” harapnya.

Usai acara seremoni, kegiatan dilanjutkan dengan acara pengguntingan pita tanda di bukanya Stan Pameran Kerajinan siswa/siswi SUPMN Kotaagung. Siswa/siswi baru SUPMN Kotaagung angkatan  XVII TA. 2019/2020 merupakan Angkatan Terakhir.

Selain Bupati, turut hadir dalam acara yang dipusatkan di SUPMN Kotaagung Barat Jln Pantai Harapan Waygelang Kotaagung Barat tersebut, Mayor Inf Suhada Erwin Kasdim 0424/Tanggamus, Iptu I. Panjaitan Kasat Binmas Polres Tanggamus, Edy Narimo SH. MH, Kadis Perikanan Kabupaten Tanggamus, Khairudin AS. SPI, MSI Kepala Sekolah SUPMN, Serma M.Irfa’i Pos Lanal Kotaagung, Brigpol Zamzami mewakili Danpos Polairud Tanggamus. 128 Siswa-siswi baru SUPMN Kotaagung Barat dan para tamu undangan. (Arj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here