oleh

Dandim Gandeng Pemkab Sosialisasi Bahaya Virus Corona

Liwa (Netizenku.com) : Akhir-akhir ini dunia, termasuk Indonesia dihantui oleh wabah virus Corona. Virus mematikan tersebut sudah menelan ratusan korban jiwa, terutama di wilayah asalnya Tiongkok.

Mewabahnya virus Corona yang sedang menjadi perhatian dunia tersebut, direspon positif oleh Dandim 0422 Lampung Barat Letkol Czi Benni Setiawan, M.Han, dengan mengundang Dinas Kesehatan Lampung Barat (Lambar)  untuk melakukan sosialisasi tentang bahaya virus Corona dan antisipasi pencegahan, di aula Sudirman Mako Kodim setempat, Kamis (30/1).

Pabung Kodim 0422 Kapt. Inf. Ihara, mewakili Dandim, berharap peserta sosialisasi agar menyimak materi yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan, dalam rangka pencegahan penularan virus yang berkembang di Wuhan Tiongkok.

Baca Juga  Gedung SDN I Muarajaya Diresmikan

\”Sosialisasi ini sebagai bentuk pencegahan penularan virus Corona, untuk itu diharapkan semua peserta untuk menyimak materi tentang apa itu virus Corona dan bagaimana pencegahannya, dan nanti kami harapkan ilmu yang didapat agar di transfer kepada keluarga dan masyarakat dilingkungan kita masing-masing,\” kata Ihara, yang juga didampingi Pjs Pasi Ops Kapten Inf Suroto, Pasi Ter Kapten Inf Waniran, Pasilog Kapten Cba Indra Jaya.

Baca Juga  Parosil Buka POP 2019 di GOR Aji Saka

Sementara, Ira Permata Sari S.Farm.Apt., Kabid P2P Dinas Kesehatan Lampung Barat, salah satu dari tiga pemateri yang dihadirkan, mengatakan, virus Corona atau disebut juga dengan 2019-nCoV, merupakan virus yang menginfeksi hidung, sinus, dan tenggorokan bagian atas.

\”Virus Corona merupakan virus yang biasa, dan sebagian besar tidak berbahaya, tetapi berbeda dengan virus Corona yang baru ini, yang mewabah atau ditemukan pertama di Wuhan Tiongkok berdampak serius,\” kata dia.

Sementara gejala awal terjangkitnya virus Corona, kata Ira, mirip dengan flu biasa, seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala dan demam. Sedangkan penyebarannya, dapat melalui batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi, juga melalui sentuhan tangan atau bagian lain.

Baca Juga  Kesadaran Masyarakat Rendah, Jubir Kerajaan Angkat Bicara

\”Gejala awal orang yang terserang virus Corona, sama dengan flu pada umumnya, seperti batuk, filek, sakit kepala dan demam. Dan untuk menghindari atau pencegahan penularan, kita tidak boleh melakukan kontak body dengan penderita, termasuk melalui batuk dan bersin, maka dianjurkan menggunakan masker,\” jelasnya. (Iwan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *