oleh

Cara Cek Android Anda, Original atau Abal-abal

Bandarlampung (Netizenku.com): Android atau ponsel sudah menjadi salah satu benda penting bagi banyak orang. Saking pentingnya, terkadang seseorang memiliki dua sampai tiga android. Dan karena pertimbangan beberapa hal, atau tergiur harga murah, tak jarang kita membeli ponsel bekas.

Meski secara kasat mata android bekas yang dibeli masih dalam kondisi apik bahkan mulus, namun sebelum membeli android bekas hendaknya tetap selalu waspada. Jangan sampai secara tampilan oke, namun perangkat yang bersemayam di dalam casing ternyata abal-abal alias tidak orisinil lagi.

Untuk mengantisipasi akal-akalan pedagang android bekas yang tak jujur, berikut ada kiat manjur untuk memastikan kita memang membeli android bekas yang perangkatnya (fitur dan fungsi ponsel) masih orisinil dan memang layak pakai. Langkah identifikasi tersebut bisa ditelusuri melalui kode-kode rahasia. Berikut kiatnya:

Baca Juga  Galeri Elzatta Hujani Pelanggan dengan Sederet Promo

Mengecek informasi ponsel dan statistik penggunaan. Caranya, ketik *#*#4636#*#*. Kode ini dapat menguak informasi kondisi baterai, informasi SIM card dan jaringan, statistik penggunaan, serta informasi lainnya tentang ponsel tersebut.

Membuka informasi IMEI. Caranya dengan mengetik *#06#. Periksa nomor tersebut dan samakan dengan IMEI yang tertera dalam box produk. Anda patut curiga jika nomor IMEI tersebut berbeda

Melakukan pengetesan perangkat keras. Jika Anda hendak membeli ponsel xiaomi bekas, misalnya, coba ketik *#*#64663#*#* untuk membuka fungsi pengetesan perangkat keras, mulai dari LCD, touchscreen, dan informasi perangkat keras yang penting lainnya.

Adapun kode ini berbeda antar satu ponsel dengan yang lainnya, berikut rinciannya :

Samsung menggunakan kode *#0*#,
Sony menggunakan kode *#*#7378423#*#*, sedangkan HTC menggunakan kode *#*#3424#*#*

Baca Juga  Komunitas Pringsewu Kreatif Ikut Ramaikan Pringsewu Expo

Sementara untuk ponsel ASUS Zenfone dengan cara menuliskan .12345+= (jangan lupa tanda titik, dan bukan diketik di menu dial tapi ketika kode itu di kalkulator)

Kiat berikutnya dengan mengembalikan ke pengaturan pabrik. Caranya, ketik kode *#*#7780#*#* untuk mengembalikan kondisi ponsel kembali ke pengaturan awal. Hati-hati karena dengan mengaktifkan kode ini, maka data-data dan aplikasi di ponsel bakal terhapus.

Kiat selanjutnya dengan menghapus data dan menginstal ulang perangkat lunak. Caranya, ketik kode *2767*3855# untuk menghapus data serta menginstal ulang perangkat lunak ponsel.

Kiat mengetahui informasi kamera, yaitu melalui cara ketik kode *#*#34971539#*#* untuk menampilkan berbagai informasi tentang kamera.

Mencadangkan data. Caranya dengan ketik kode *#*#273283*255*663282*#*#* untuk masuk ke mode cepat pencadangan data.

Baca Juga  Di Kampung Oncom, Sekarung Ampas Jadi Rezeki Nomplok

Kemudian mode pengecekan aktivitas layanan. Ketik kode *#*#197328640#*#* untuk masuk ke mode pengecekan status layanan

Cek WiFi. Gunakan kode *#*#232339#*#* OR *#*#526#*#* untuk mengetahui status fitur WiFi

Kiat berikutnya mengetes fitur GPS. Gunakan kode *#*#1472365#*#* untuk mengetahui fungsi GPS

Lalu kiat mngetes kondisi audio. Caranya dengan memakai kode *#*#0673#*#* OR *#*#0289#*#* untuk mengetahui kondisi dan kualitas audio ponsel

Tes fitur getar. Gunakan kode *#*#0842#*#* untuk mengetahui kondisi fungsi getar dan layar ponsel

Tes touchscreen. Gunakan kode *#*#2664#*#* untuk mengetahui kondisi touchscreen

Tes sensor proximity. Gunakan kode *#*#0588#*#* untuk mengetahui kondisi sensor proximity

Dan terakhir dengan mengetes fungsi Bluetooth. Caranya dengan memakai kode *#*#232331#*#*. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *