oleh

Bupati Tanggamus Sambut Kunjungan Danlanal Lampung

Kotaagung (Netizenku.com): Bupati Tanggamus, Hj Dewi Handajani, menerima kunjungan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Provinsi Lampung di Rumah Dinas Bupati, Jumat (1/7/2022).

Ikut hadir mendampingi bupati, Wakil Bupati Hi. AM Syafi’i, Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis, Forkopimda, Inspektur Ernalia, ketua TP-PKK, ketua DWP, para asisten, OPD.

“Saya mengucapkan selamat datang di Kabupaten Tanggamus kepada Bapak Letkol Laut (P) Zul Fahmi, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Lampung dan rombongan yang hadir dari Mako Lanal Lampung di Kabupaten Tanggamus ini. Sebelumnya, saya juga sampaikan selamat kepada bapak Letkol Laut (P) Zul Fahmi, yang pada tanggal 10 Juni kemarin resmi menjabat sebagai Danlanal Lampung. Semoga bapak sukses selalu mengemban amanah memimpin Lanal Lampung dalam menyelenggarakan pembinaan potensi maritim di kawasan pesisir Lampung,” urai Dewi.

Baca Juga  Polisi Amankan Pelaku Illegal Logging di Pulau Panggung

Dilanjutkannya, Kabupaten Tanggamus sendiri, dari 20 Kecamatan yang ada, 9 kecamatan diantaranya berada di kawasan pesisir pantai. Memiliki luas daratan 2.855,46 Km² dan luas wilayah laut seluas 1.779,50 Km² dengan garis pantai sepanjang 202 Km. Potensi kelautan dan perairan sangat luar biasa, terdapat Pos TNI AL di Kota Agung dan Pos Pengamatan TNI AL di Teluk Kiluan Kelumbayan.

Dikatakannya, Kabupaten Tanggamus selama ini hubungan baik selalu terjalin antara Pemerintah Daerah dan TNI yaitu Kodim 0424/Tanggamus dan Pos TNI-AL. Karena TNI baik mitra darat atau laut adalah mitra Pemerintah Daerah untuk melayani masyarakat dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Kami saat ini selalu bersinergi dengan semua pihak, baik TNI, Polri, Organisasi Kepemudaan, Ormas, Pimpinan Umat beragama, instansi vertikal bahkan seluruh masyarakat, agar Kabupaten Tanggamus selalu hidup rukun dan damai, terjaga persatuan dan kesatuannya.

Baca Juga  Warga Pekon Kayuhubi Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

“Untuk itu kami sampaikan terimakasih kepada Lanal Lampung yang terus berupaya menjaga keamanan teritorial laut di wilayah kami dari segala hal yang tidak kita inginkan. Semoga Kabupaten Tanggamus terus mendapat perhatian serius dari Bapak Danlanal, utamanya dalam menjaga wilayah perairan laut kami, karena kami juga banyak memiliki wilayah di seberang lautan yang masuk dalam Kabupaten Tanggamus. Jadi kami sangat mengharapkan supaya terdapat Pos-pos TNI AL di sekitar wilayah tersebut, sehingga angka kriminalitas yang terjadi di wilayah laut kami dapat diminimalisir seperti pencurian kayu, pengeboman ikan, dan lainnya,” ujarnya.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Provinsi Lampung Letkol Laut (P) Zul Fahmi Hanla, juga mengucapkan terima kasih dalam silaturahmi yang disambut baik oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

Baca Juga  Bupati Tanggamus Pimpin Apel Siaga Penyuluh Pertanian

“Kami dari jajaran Danlanal Provinsi Lampung selain melakukan silaturrahmi, kami juga meninjau pos TNI AL yang ada di wilayah yang kami kunjungin, dan tadi kami menyempatkan diri meninjau pos TNI AL yang ada di wilayah Kotaagung. Kami juga mengharapkan kerja sama dalam membangun wilayah yang ada di seluruh Provinsi Lampung ini, terutama di bidang kelautan supaya provinsi kita lebih baik lagi, dan bermanfaat banyak bagi masyarakat kita terutama para nelayan, karena negara kita adalah negara kaya di bidang kelautan, harus kita manfaatkan sebaik mungkin jangan sampai negara luar yang memanfaatkannya,” ujarnya. (rls/Arj/len)