oleh

Bupati Tanggamus Pimpin Apel Siaga Penyuluh Pertanian

Tanggamus (Netizenku.com): Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, memimpin apel siaga lenyuluh pertanian. Apel berlangsung di Lapangan Pemerintah Kabupaten setempat, Kamis (4/8).

Dewi Handajani dalam kesempatan itu menyampaikan, apel siaga penyuluh diadakan sebagai wujud nyata untuk meningkatkan dan mengoptimalkan peran dan kinerja penyuluh sebagai agen perubahan pembangunan pertanian di Kabupaten Tanggamus.

“Penyuluh merupakan ujung tombak di sektor pertanian. Sukses atau tidaknya program pertanian, tergantung dari penyuluh, oleh karena itu Fasilitas Kendaraan Operasional sangatlah tepat diberikan kepada para Penyuluh Pertanian,” kata bupati.

Saat ini lanjutnya, jumlah penyuluh pertanian di Kabupaten Tanggamus sebanyak 106 orang dengan rincian penyuluh PNS 32 Orang, penyuluh P3K 73 orang dan THL-TBPP 1 orang serta lapangan IPDMIP 13 orang.

“Bantuan kendaraan operasional roda dua yang diberikan kepada penyuluh pertanian lapangan kali ini sebanyak 54 unit sepeda motor, dengan rincian motor trail sebanyak 32 unit, motor bebek sebanyak 22 unit,” jelasnya.

Bupati berharap pemberian fasilitas kendaraan operasional ini dapat menambah motivasi dan semangat kerja, untuk itu diharapkan petugas penyuluh selalu berada di lapangan terlebih pada saat petani membutuhkan.

Baca Juga  Berbahagia, Keluarga Agung Nikmati Bantuan Listrik Gratis

Selanjutnya, pada kesempatan ini, dicanangkan Pekan THL RATU (Tanggamus Hijau Lestari Rawat Agar Tetap Utuh) yang merupakan kesepakatan para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dengan Pemkab Tanggamus yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, pada akhir tahun 2021 di BPP Pulau Panggung.

Bupati menambahkan, kegiatan pada Pekan THL RATU yaitu melakukan Penanaman Pohon di bantaran sungai, yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kelongsoran atau erosi dan menjadikan air sungai tidak meluap ke daratan.

“Serta menjaga suhu sungai dapat terjaga sehingga bisa mengalir dengan tenang atau mengikuti tempat yang seharusnya untuk mengalir,” harapnya.

Kemudian lanjut Deei, Agustus ini adalah bulan kemerdekan bagi Negara Republik Indonesia. Dalam rangka menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia akan dilaksanakan gerakan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih,

“Untuk di Kabupaten Tanggamus tadi telah kita laksanakan secara simbolis penyerahan Bendera Merah Putih kepada komponen masyarakat,” ujarnya.

Di sela acara diserahkan secara simbolis kendaraan operasional penyuluh pertanian dan kendaraan pertahana, peyerahan bibit THL RATU dan penyerahan bendera merah putih dalam rangka gerakan 10 juta bendera oleh bupati, Forkopimda dan Sekdakab.

Baca Juga  Wabup Tanggamus Kunjungi Dua Sekolah di Gunung Alip

Usai apel siaga penyuluh pertanian Dewi Handajani menghadiri acara Bunda Sapa Penyuluh di Aula Dinas Pertanian yang bertujuan untuk mendapatkan dan menemukan solusi maupun informasi yang terbaik bagi Penyuluhan Pertanian di Kabupaten Tanggamus sehingga bisa menjadi sebuah terobosan dalam pembangunan Pertanian di Kabupaten Tanggamus.

Sesuai slogan pertanian “Petani Sejahtera, Tanpa Petani Kita Bukan Siapa-Siapa, Terus Bergerak Demi Tanggamus Tercintaā€¯.

Bupati berharap pemberian Fasilitasi Kendaraan Operasional Penyuluh ini dapat menambah semangat kerja, serta tidak ada lagi alasan petugas penyuluh tidak berada di lapangan.

Kadis Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Catur Agus Dewanto, dalam laporannya menyampaikan Apel Siaga Penyuluh, diikuti peserta sebanyak 200 orang yang terdiri: Penyuluh Pertanian 106 Orang, Staf Lapangan IPDMIP 13 Orang, Brigade Proteksi Tanaman “PETAHANA 4 Orang, Penyuluh Swadaya Pertanian 10 Orang, KTNA 14 Orang, PERHIPTANI 4 Orang, FS KWT 15
Orang, Perwakilan Gapoktan dan Poktan 10 Orang, PERPADI 4 Orang. PA Tanggamus 10 Orang, Petugas Kesehatan Hewan Disnakbun 10 Orang.

Baca Juga  17 Pelaku Pengeroyokon di Tanggamus Menyerahkan Diri

Pekan THL RATU yang merupakan kesepakatan para PPL pada tanggal 30 Desember 2021 di BPP Pulau Panggung yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus.

Bibit yang ditanam merupakan jenis MPTS (Multipurpose Tree Species) atau jenis buah-buahan yang dihasilkan secara swadaya oleh tiap-tiap balai penyuluhan pertanian bekerjasama dengan petani, membuat rumah pembibitan Pekan THL RATU, telah terlaksana penanaman secara serentak di sepanjang bantaran sungai pada tanggal 24 Maret 2022 di 20 (dua puluh) titik Kecamatan dengan melibatkan DLHK Tanggamus, BPBD Tanggamus, Camat, Perangkat Pekon, Pramuka, Poktan, KWT dan Para Penyuluh.

Hadir juga Sekretaris Daerah Drs. Hamid Heriansyah Lubis, Kapolres AKBP Satya Widhi Widharyadi, S.IK., Kejari Yunardi, SH.MH., Asisten Bidang Ekobang Sukisno, Ir. Edison, M.PAf, IPU, ASEAN Eng dari Dosen Itera, Para Kepala OPD, Kabag, Ketua Forum Kwt, Ketua KTNA, Ketua Perhiptani, dan Para peserta apel penyuluh. (Arj/Len)