oleh

Bupati Tanggamus Panen Perdana Ikan Kerapu Cantang

Pematangsawa (Netizenku.com): Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, SE.MM., bersama Forkopimda panen perdana ikan kerapu jenis cantang di Keramba Laut Pekon Wai Nipah Kecamatan Pematang Sawa, Kamis (22/7/2021).

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, menyampaikan pihaknya bersama Forkopimda kabupaten dan perangkat kecamatan serta kelompok pembudidaya ikan kerapu melaksanakan panen perdana ikan kerapu yang ada di wilayah Kecamatan Pematang Sawa, Pekon Way Nipah.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena ini merupakan salah satu bentuk usaha yang dilakukan untuk menggali potensi yang ada di Kabupaten Tanggamus khususnya Pekon Way Nipah.

Hal ini juga merupakan salah satu bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat sehingga program budidaya ikan kerapu yang ada di Kecamatan Pematang Sawa Pekon Way Nipah dapat terlaksana, kami berharap dengan dilaksanakannya penen perdana ikan kerapu ini dapat menjadi salah satu motivasi kita untuk menggali potensi yang ada di wilayah Teluk Semangka, khususnya sektor perikanan selain dari sektor pertanian, pariwisata dan lain sebagainya.

Baca Juga  Talang Padang Segera Miliki Pasar Semi Modern

Lanjutnya, selain itu juga pihaknya berharap kedepannya dapat mengembangkan lagi budidaya ikan kerapu ini dalam skala besar sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dalam hal ini tentunya kami akan berupaya mendukung usaha ini dengan berkoordinasi dengan pihak terkait sampai dengan tingkat pusat, karena wilayah perairan kita ini sangat cocok untuk pembudidayaan ikan kerapu dan ikan lainnya,” terangnya.

Dewi menambahkan, selain itu juga ia akan berkoordinasi untuk melaksanakan pelatihan untuk pembudidayaan ikan kerapu, sehingga kedepannya usaha budidaya ini akan lebih baik dengan didukung oleh SDM Masyarakat yang baik, ia pun berharap kedepannya nanti sektor perikanan Kabupaten Tanggamus dapat menembus pasaran luar negeri namun hal ini akan dapat terlaksana jika kita dapat bekerjasama dengan baik.

Baca Juga  Rayakan HUT ke-1 Tahun, AWPI Tanggamus Harap Lebih Bersinergi dengan Pemerintah

“Semoga kedepannya apa yang kita harapkan dapat segera terlaksana sesuai dengan harapan kita, sehingga peningkatan ekonomi dari sektor perikanan di Kabupaten Tanggamus dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita semua, terkait kendala-kendala yang telah disampaikan tadi kami akan berusaha dengan cara berkoordinasi dengan pihak terkait hingga ke tingkat pusat,” ujarnya.

Sementara laporan Yuana Puja, mewakili Kepala Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut Provinsi Lampung, bahwa ikan kerapu yang ditebar di keramba sejak tanggal 1 Maret 2021 sebanyak 215 ekor ikan kerapu cantang, 235 Ekor ikan kerapu bebek dan 3000 ekor ikan kakap putih, dengan tingkat keberhasilan 70%, adapun kendalanya adalah kondisi jaring yang rapuh, sehingga ikan keluar keramba, kekurangan jaring dan alat tangkap untuk pakan ikan (bagan apung).

Baca Juga  Masyarakat Banjarsari Minta Penyelesaian Pembangunan Balai Pelatihan

Kondisi perairan Teluk Semangka sangat baik untuk budidaya ikan kerapu, sehingga diharapkan agar pemerintah Kabupaten Tanggamus dapat memberikan dukungan untuk pembudidayaan ikan kerapu di wilayah Teluk Semangka.

Hadir mendampingi Bupati Tanggamus, Wakil Bupati, AM. Syafi’i, Ketua DPRD, Heri Agus Setiawan, Dandim 0424/TGM Letkol Inf. Arman Aris Sallo, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi’i, Kadis Kelautan Edi Narimo, Yuana Puja S,Pi Mewakili Kepala Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut Provinsi Lampung, Asriyanto Camat Pematang Sawa, Asmawan Priyadi Koordinator Kelompok Budidaya Ikan Banteng Pematang Kecamatan Pematang Sawa, dan Apriyal Kepala Pekon Way Nipah. (rls/Arj/len)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *