BERBAGI


Sumberejo (Netizenku.com): Bupati Tanggamus, Hj Dewi Handajani, bersilaturahmi dengan Kelompok Wanita Tani (KWT), sekaligus memberikan bantuan secara simbolis kepada KWT Tirta Soya, Pekon Dadapan, dan KWT Melati, Pekon Simpang Kanan, Kecamatan Sumberejo, Rabu (20/1).

Turut mendampingi Inspektur, Ernalia, Kepala Dinas Pertanian, Catur Agus Dewanto, Camat Sumberejo, Pardi, serta Uspika kecamatan.

Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakan, bantuan yang disampaikan merupakan upaya Pemkab Tanggamus untuk membantu KWT untuk meningkatkan kesejahteraan anggota KWT dan petani di kabupaten setempat.

Ia menerangkan bantuan yang diberikan berupa mesin penggilingan kopi, penggilingan bumbu, penggilingan mie, alat sealer, mesin sablon, yang bersumber dari Kementerian Pertanian. Selain itu terdapat juga bantuan vacuum frying blower atau pendingin roasting kopi dari Pemkab Tanggamus melalui Dinas Pertanian.

“Beberapa alat yang sampai saat ini masih dalam proses indent, belum sampai ke sini karena alat tersebut kita pesan sesuai kebutuhan KWT di sini, sehingga perlu proses pembuatan alat yang disesuaikan dengan kebutuhan kita,” terang Dewi.

Adapun nilai bantuan secara keseluruhan yang diberikan adalah sebesar Rp50 juta per KWT, atau total Rp100 juta rupiah.

“Saya berharap, dengan adanya bantuan ini maka kondisi petani kita lebih baik lagi dan lebih sejahtera. Saya juga berpesan kepada KWT yang mendapat bantuan, untuk merawat dan memanfaatkan bantuan ini dengan baik, sehingga produksi atau hasilnya meningkat,” ujar Dewi.

Ia menyatakan bahwa Pemerintah Daerah senantiasa berupaya serius dalam memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat.

“Ini tentu menjadi komitmen kami Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan visi dan misi kami, guna memberikan kesejahteraan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat secara merata,” tegas Bupati.

Mengakhiri sambutannya, bupati kembali mengimbau masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kita terus berupaya untuk bersosialisasi dan mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan yang harus dipatuhi selama pandemi ini. Kita berdoa, semoga pandemi Covid-19 di Kabupaten Tanggamus dapat segera berakhir,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mendapatkan penjelasan tentang cara kerja sejumlah alat bantuan, sekaligus berdialog dengan para anggota KWT terkait usaha yang dijalankan.

Terpisah, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Catur Agus Dewanto, menerangkan bahwa bantuan tersebut merupakan Program Kementerian Pertanian Tahun 2020 yang didapatkan berdasarkan usulan bupati Tanggamus melalui kunjungan ke Kementerian Pertanian tahun lalu, serta dengan dukungan dari Komisi IV DPR RI.

“Bantuan ini merupakan program tahun 2020. Kita dapatkan berdasarkan usulan bupati pada saat berkunjung ke Kementerian Pertanian tahun lalu, serta dengan dibantu Ketua Komisi IV DPR RI, yakni pak Sudin,” terangnya.

Catur berharap bantuan lainnya dari Kementrian akan terus didapatkan oleh Kabupaten Tanggamus. Guna mempercepat pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Tanggamus dan meningkatkan kesejahteraan Petani. (Arj/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here