BERBAGI

Gisting (Netizenku.com): Wakil Bupati Tanggamus, Hi AM. Syafi’i, membuka secara resmi kegiatan

Pelatihan bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Hotel 21 Gisting, Selasa (12/11).

Pelatihan diselenggarakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) bekerjasama dengan Pemkab Tanggamus, sebagai salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) atau kepedulian sosial perusahaan dari BRI, serta dalam rangka HUT BRI ke-124, yang dilaksanakan di berbagai titik Indonesia.

Pimpinan BRI Cabang Pringsewu, Indra Budi Samiaji, dalam laporannya mengatakan pelatihan 10 ribu UMKM tersebut dilaksanakan secara nasional. Sementara untuk jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Tanggamus yang ikut dalam pelatihan berjumlah 100 orang.

Indra berharap melalui kegiatan ini pihaknya dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian di Kabupaten Tanggamus.

“Karenanya kami harapkan pelaku UMKM di Tanggamus akan dapat lebih berdaya saing dengan pelaku UMKM yang lain. Seperti kita ketahui, bisnis saat ini sudah sifatnya online, tidak terpaku pada lokasi dan tempat usaha. Untuk menghadapi itu semua alangkah baiknya kita mempersiapkan diri, agar supaya kita dapat ikut serta dalam kancah persaingan tersebut,” kata Indra.

Sementara Wabup dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Tanggamus memberikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan tersebut. Wabup berharap dengan pelatihan tersebut, pelaku UMKM di Kabupaten Tanggamus juga dapat ikut serta memasarkan produknya melalui online yang menjadi trend saat ini.

“Agar supaya pelaku UMKM kita, juga dapat menjual hasil produknya melalui online, dan saya berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan, apakah itu oleh pihak BRI lagi maupun pihak yang lain, karena kita ketahui jumlah pelaku UMKM kita sendiri saat ini mencapai 7 ribu, dan secara bertahap dilakukan pelatihan,” ujar Wabup.

Wabup melanjutkan, Pemkab dalam hal ini terus berupaya mendorong agar produk UMKM Kabupaten Tanggamus dapat dipasarkan. Upaya tersebut selain pemasaran melalui online juga dilakukan pemasaran melalui pasar modern, dan saat ini lanjutnya telah ada produk UMKM Tanggamus yang dijajakan. Dengan harapan kedepan produk tersebut dapat diminiati oleh masyarakat luas dan tentunya akan menumbuhkan semangat bagi para pelaku UMKM.

“Jadi dua arah, selain melalui online seperti ini, melalui pasar modern juga kita lakukan, karena kedua cara ini memiliki prospek yang sangat bagus dan jangkauannya sangat luas bagi kemajuan produk UMKM kita,” tandas Wabup Syafii.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan juga penyerahan Plakat dari BRI Cabang Pringsewu kepada Pemkab Tanggamus yang diterima oleh Wakil Bupati.

Turut hadir Kepala Dinas Koperindag UMKM Tanggamus Mairosa, Perwakilan Dinas UMKM Provinsi Lampung Winarti,  sejumlah Kepala OPD Pemkab Tanggamus, Kabag Ekobang, Camat dan Uspika Kecamatan Gisting, Tokoh Masyarakat Akhmadi Sumaryanto serta Narasumber dari IBI Darmajaya Dr. Anggelia Wibasuri, dan dari Tokopedia Anika Ayu Puspita. (rls/Arj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here