Bangun Infrastruktur Kelistrikan, Gubernur Arinal Resmikan 5 Gardu Induk PT. PLN

Redaksi

Rabu, 23 September 2020 - 14:22 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bandarlampung (Netizenku.com): Demi meningkatkan pembangunan infrastruktur kelistrikan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan 5 Gardu Induk PT. PLN (Persero), yang tersebar di Jati Agung, Ketapang, Langkapura, Mesuji dan Dipasena.

Peresmian dilakukan di Gardu Induk Jati Agung, Lampung Selatan, Rabu (23/9) dengan ditandai peletakkan tangan ke iPad dan pengguntingan pita oleh Gubernur Arinal didampingi Forkopimda Lampung dan GM UID Lampung Pandapotan Manurung.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal menjelaskan bahwa Lampung sebagai Gerbang Sumatera memiliki banyak tantangan dan peluang yang harus dihadapi bersama.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

\”Ketika sebuah tantangan tidak dapat kita penuhi, maka akan menjadi sebuah ancaman. Namun, jika bisa terpenuhi, maka akan berubah menjadi pencapaian yang Iuar biasa. Sama hal nya dengan sebuah peluang, apabila kita tidak kejar, maka ia akan berlalu begitu saja,\” ujar Gubernur Arinal.

Sesuai dengan misi Lampung Berjaya, yaitu mengembangkan infrastruktur guna meningkatkan efisiensi produksi dan konektivitas wilayah, maka tiap individu/instansi memiliki peranannya masing-masing untuk mendukung hal tersebut.

Baca Juga  Hari Ikan Nasional Ke-9, Pemprov Gelar Senam bersama

\”Dalam hal ini, saya minta kepada PLN untuk dapat terus mendukung misi Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Periode 2019-2024 untuk membangun infrastruktur kelistrikan,\” ujar Gubernur Arinal.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Arinal juga mengapresiasi PLN yang telah dan akan terus memberikan sumbangsih terbesarnya untuk menerangi Provinsi Lampung. \”Meskipun dengan berbagai kondisi (geografis, SDM budaya, dan politik), PLN terus berkomitmen untuk memberikan penerangan kepada masyarakat Lampung. Seperti halnya yang kita resmikan hari ini, yakni pembangunan 5 (lima) Gardu Induk dengan masing-masing kapasitas daya sebesar 6O MVA, yaitu Gardu Induk Jati Agung, Ketapang, Langkapura, Mesuji dan Dipasena,\” jelas Gubernur.

Gubernur menilai Bumi Dipasena sebagai lumbung udang kebanggaan masyarakat Lampung, kini telah dapat menikmati listrik. Para Petambak bisa memanfaatkan listrik baik untuk usaha maupun kehidupan mereka. Tentunya, hal ini berkat penguatan subsistem listrik melalui pengoperasian Gardu Induk Dipasena dan Gardu Induk Mesuji.
Kemudian, dapat dilihat pula bahwa di lokasi yang kita duduki saat ini, Kota Baru, Jati Agung merupakan tempat yang akan diusungkan sebagai daerah pemekaran dan nantinya akan kita jadikan pusat pemerintah Provinsi Lampung. Dan PLN juga telah menghadirkan Gardu Induk Jati Agung untuk memperkuat kelistrikan di daerah ini.

Baca Juga  875 Ribu Petani, Terdaftar Sebagai Anggota Petani Berjaya

Ditambah lagi dengan Gardu Induk Ketapang yang berlokasi di Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan diharapkan dapat menyokong supply kelistrikan khususnya di daerah perindustrian dan juga gerbang kita, Pelabuhan Bakauheni. Dan yang terakhir adalah Gardu Induk Langkapura diharapkan dapat menjaga kehandalan dalam penyaluran energi listrik di ibukota provinsi ini, Kota Bandarlampung.

\”Listrik bukan hanya memberikan penerangan tetapi listrik juga memberikan kesempatan bagi masyarakat, untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Oleh sebab itu, Pemerintah akan terus mendorong percepatan berbagai pembangunan infrastruktur kelistrikan di seluruh wilayah Sai Bumi Ruwa Jurai,\” ujar Gubernur.

Baca Juga  Polres Pesawaran Bentuk Forum Lalu Lintas Kabupaten, Ini Tujuannya

Sementara itu, Executive Vice President (EVP) Operasi Regional Sumatera PLN Supriyadi, mewakili Direktur bisnis Regional Sumatera- Kalimantan, secara virtual, menjelaskan bahwa PLN telah melakukan berbagai macam upaya untuk meningkatkan reservansi di Sumatera.

Sehingga cadangan di Sumatera, yang sebelummnya di tahun 2015 masih defisit, maka sejak tahun 2017 sudah tidak ada lagi defisit. Bahkan ada cadangan hingga 815 MW.

Lebih lanjut, Supriadi menjelaskan bahwa kondisi kelistrikan nasional secara umum, maupun kelistrikan sumatera secara khusus, dan dalam hal ini di Lampung dalam keadaan aman dan cukup. \”Cadangan kami, kelistrikan di Sumatera Cukup,\” ujarnya.

Usai peresmian, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi didampingi Forkopimda Lampung dan GM UID Lampung Pandapotan Manurung melakukan peninjauan di Gardu Induk Jati Agung. (rls)

Berita Terkait

Puji Besyukur Atas Gencatan Senjata Antara Israel dan Palestina
Kemenag Pererat Sinergi dengan Media Pers Lewat Media Gathering
Capacity Building TPID: Ungkap Peran Provinsi Lampung dalam Hilirisasi Pangan
JPU Gagal Menghadirkan Saksi Mantan Wabup Lamsel di Kasus Penggelapan Excavator
Dorong Pertumbuhan Ekonomi Pariwisata, Pemprov Lampung Gelar Festival Nemui Nyimah
Pemprov Dukung Program Pariwisata Nasional di Jakarta Travel Fair 2023
Kendala Legalitas Tanah Dipasena Tuntas, Sektor Agribisnis Perlahan Bangkit
KiniID Soroti Degradasi Moral Gen Z dalam Perayaan HUT ke-2

Berita Terkait

Selasa, 28 November 2023 - 18:16 WIB

Mulyadi Irsan Buka Workshop Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Pekon

Jumat, 24 November 2023 - 19:11 WIB

Susunan TKD Prabowo-Gibran Diserahkan ke KPU Tanggamus

Selasa, 21 November 2023 - 20:35 WIB

Kemurahan Hati Anak Kecil dari Kaki Gunung Tanggamus

Minggu, 5 November 2023 - 20:51 WIB

Jaga Silaturahmi, WBP dan Personel Rutan Kotaagung Gelar Makan Bersama

Selasa, 31 Oktober 2023 - 17:00 WIB

Desa Wisata Nusantara, Tanggamus Unggulkan Teluk Kiluan

Rabu, 25 Oktober 2023 - 18:49 WIB

Tanggamus Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Rabu, 4 Oktober 2023 - 15:07 WIB

Kecanduan Judi Online, Pria Asal Tanggamus Tipu Agen BRI Link

Sabtu, 30 September 2023 - 19:01 WIB

Cekcok Mulut Dua Warga, Berujung Pengrusakan Rumah

Berita Terbaru

Lampung Barat

MB-PM Bakar Semangat Kader PDI Perjuangan Lambar

Rabu, 29 Nov 2023 - 19:23 WIB

Tulang Bawang Barat

HUT Korpri, Sekda Serahkan Penghargaan ASN

Rabu, 29 Nov 2023 - 19:18 WIB

Gambar hanya ilustrasi.

Celoteh

Banner Caleg Bikin Maleg

Rabu, 29 Nov 2023 - 11:07 WIB

E-Paper

Lentera Swara Lampung | Rabu, 29 November 2023

Rabu, 29 Nov 2023 - 10:51 WIB

E-Paper

Lentera Swara Lampung | Selasa, 28 November 2023

Selasa, 28 Nov 2023 - 23:55 WIB