Zona Orange, Lambar Hentikan KBM Tatap Muka

Redaksi

Kamis, 10 September 2020 - 18:58 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Liwa (Netizenku.com): Keinginan orang tua siswa dan siswa-siswi SD, SMP dan SMA sederajat di Lampung Barat, untuk tetap belajar mengajar tatap muka, tidak dapat dikabulkan bupati, karena taat terhadap aturan yang ditetapkan empat menteri.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu berdasarkan keputusan bersama antara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, dengan Forkompinda mengizinkan proses dilakukan proses belajar mengajar tatap muka, dengan taat menjalankan protokol kesehatan.

Tetapi, keputusan tersebut tidak dapat dilanjutkan, karena saat ini Lampung Barat menyandang status zona orange. Sementara keputusan bersama empat menteri, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri, bagi wilayah yang ditetapkan sebagai zona orange penyebaran virus Covid-19 tidak boleh melakukan proses belajar mengajar tatap muka.

Baca Juga  Parosil: Sampah Bukan Masalah, Melainkan Berkah

\”Karena kita taat aturan, dan mencegah hal terburuk terjadi di Lampung Barat, maka mulai Senin (14/9) proses belajar mengajar di lingkungan SD, SMP dan SMA sederajat kembali dilakukan dengan sistem Online atau Daring,\” kata bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, Kamis (10/9).

Keputusan tersebut, kata Parosil, memang harus diambil dengan cepat, walaupun orang tua siswa dan Siswa-siswi di Lampung Barat, menginginkan tetap belajar tatap muka. Maka untuk mewujudkan hal tersebut, dirinya berharap warga untuk taat terhadap imbauan pemerintah dengan menjalankan protokol kesehatan, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang dinyatakan positif Covid 19.

\”Dua Minggu ini ada tujuh warga Lampung Barat yang dinyatakan positif, lima dari cluster Cimahi dan dua cluster Lampung Tengah, dan saat ini tiga diantaranya sudah dinyatakan sembuh. Akibat kasus baru ini maka status Lampung Barat dari zona kuning menjadi zona orange. Nah untuk mengembalikan Lampung Barat ke zona kuning bahkan hijau, mari kita patuhi imbauan pemerintah untuk tetap menjalankan protokol kesehatan,\” harap pria yang akrab di sapa Pakcik tersebut.

Baca Juga  Sasaran Utama TMMD Capai 90 Persen

Pakcik juga meminta masyarakat yang habis bepergian ke luar daerah, terutama kunjungan ke zona merah, untuk melapor kepada aparat pekon dan kecamatan. Juga dilakukan pemantauan terhadap masyarakat luar yang masuk ke Lambung Barat, dengan demikian aparat akan cepat mengambil tindakan.

\”Apabila masyarakat yang habis bepergian melapor, demikian juga orang luar yang datang, maka aparat pemerintah dari tingkat pekon, kecamatan dan Puskemas bisa langsung melakukan pemeriksaan, sehingga akan terdeteksi lebih dini. Tetapi dengan rendahnya kesadaran masyarakat, saya minta aparat Pekon dan kecamatan untuk lebih aktif,\” harapnya.

Baca Juga  Ismun Zani Minta Pemkab Gerak Cepat Tangani Covid-19

Sementara Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung Barat, Maidar, mengatakan surat keputusan bupati terkait pemberhentian sementara proses belajar mengajar tatap muka, sudah disampaikan kepada masing-masing lembaga penanggung jawab.

\”Surat keputusan bupati, tentang pemberhentian sementara proses belajar mengajar tatap muka, sudah kami tidak lanjuti, dengan menyampaikan kepada pihak terkait, seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat yang berwenang terhadap SD dan SMP, Kemenag yang bertanggung jawab terhadap MI, MTs dan Madrasah Aliyah. Sementara untuk tingkat SMA surat tersebut sudah disampaikan kepada UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung di Lampung Barat,\” kata dia. (Iwan/Len)

Berita Terkait

Pelantikan Diduga Tabrak Perda, Komisaris BUMD PT Pesagi Mandiri Perkasa Pilih Bungkam
Heri Gunawan Sesalkan KPM BUMD PT Pesagi Mandiri Lantik Komisaris dan Direksi
Ribuan Masyarakat Suoh Hadiri Pengajian Akbar MTBM
PSHT Lambar Mengesahkan 837 Warga Baru Angkatan 39
Jokowi dan Mukhlis Sejalan Kembangkan Produktifitas dan Kualitas Kopi
Jokowi Obati Kerinduan Masyarakat Lambar ke Presiden Setelah 30 Tahun
Mukhlis Basri Masuk Daftar Anggota Pansus Angket Pengawasan Haji DPR RI
Mukhlis Basri Apresiasi Wacana Kedatangan Jokowi ke Lambar

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 19:59 WIB

Ini Tips Perlindungan Data Pribadi Ala OJK Lampung

Jumat, 19 Juli 2024 - 16:04 WIB

Sambut Siswa Baru, SMK SMTI Bandar Lampung Gelar MADABINTAL

Kamis, 18 Juli 2024 - 19:37 WIB

Jurusan IPA, IPS dan Bahasa Dihapus dari SMA

Kamis, 18 Juli 2024 - 17:01 WIB

Pj Gubernur Lampung Harapkan Sistem Zonasi Jadikan Sekolah Unggul

Kamis, 18 Juli 2024 - 15:13 WIB

Target PAD UPTD BPK2LP Naik Mencapai 140 Juta

Kamis, 18 Juli 2024 - 14:29 WIB

Hingga Triwulan Kedua, UPTD BPK2LP Layani 3869 Hewan

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:11 WIB

Pj Gubernur Lampung Ajak PMII Bersinergi Bangun Lampung

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:02 WIB

Pemprov Bakal Gelar Upacara Peringatan Kemerdekaan ke 79 di Kota Baru

Berita Terbaru

Anggota KPU Lampung, Agus Riyanto. (Foto: Antara)

Politik

6,5 Juta Masyarakat Lampung Telah Dicoklit

Jumat, 19 Jul 2024 - 20:08 WIB

Ist/NK

Lainnya

32 Provinsi Dipastikan Ikuti Porwanas XIV Kalsel

Jumat, 19 Jul 2024 - 20:05 WIB

OJK Lampung gelar pertemuan bersama warga Kelurahan Gunung Sari dan Kelurahan Kampung Tempel, korban penyahgunaan data pribadi. (Ist/NK)

Bandarlampung

Ini Tips Perlindungan Data Pribadi Ala OJK Lampung

Jumat, 19 Jul 2024 - 19:59 WIB

Penulis: Leni Marlina

Kolom

Pesta Perceraian Etiskah?

Jumat, 19 Jul 2024 - 19:46 WIB