oleh

Warga di 6 Kelurahan Berikut Telah 100 Persen Dicoklit

Bandarlampung (Netizenku.com) : Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) KPU Kota Bandarlampung masih melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pilih Pilwakot 2020 di 126 kelurahan.

Sebanyak 1.700 PPDP melakukan coklit sejak 15 Juli-13 Agustus, dan hingga hari ini Kamis (6/8) sebanyak enam kelurahan, warga yang terdata dalam AKWK telah 100 persen dicoklit.

Di antaranya Kelurahan Sukamenanti (Kedaton), Tanjungagung (Tanjungkarang Timur), Way Laga (Sukabumi), Bumi Kedamaian (Kedamaian), dan Sukamaju (Telukbetung Timur).

\”Itu AKWK yang sudah selesai dicoklit, selebihnya untuk 20 kecamatan se-Bandarlampung rata-rata hampir 90-95 persen sudah selesai dicoklit,\” kata Komisioner KPU Bandarlampung Ika Kartika, Kamis (6/8).

Baca Juga  KNPI Bandarlampung: pemuda berperan aktif kawal pilkada

AKWK, lanjut Ika, merupakan warga yang terdaftar dalam DPT Pemilu 2019 dan DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) dari Kemendagri yang telah disinkronisasi.

Berdasarkan data DPT pemilu terakhir Bandarlampung memiliki 745.000 mata pilih.

Beberapa warga yang belum dicoklit oleh PPDP tidak bisa ditemui karena sudah melakukan aktifitas kantor di era new normal.

Ada juga yang sedang berada di luar daerah, atau warga yang tinggal di rumah-rumah mewah.

Baca Juga  Soali Campur Tangan SGC, Besok Rakyat Tubaba Gelar Aksi di Tiga Titik

\”PPDP itu ada yang mengalami kesulitan coklit ke rumah-rumah mewah. Sampai petugas memakai besi untuk mengetok gerbang besi sangkin plat pintunya tebal.\”

\”Tapi juga enggak kedengaran sama orangnya, sangkin halamannya lebar. Ada juga yang digonggongin anjing,\” ujar Ika.

Selain tidak bisa ditemui karena bekerja, PPDP juga terkendala wilayah geografis seperti perkampungan di bukit dan memasuki gang-gang kecil di wilayah Karang Maritim, Panjang.

\”Alhamdulilah bisa diatasi, kawan-kawan PPDP memiliki integritas yang tinggi dalam melakukan tugasnya,\” katanya.

Baca Juga  Ingat! Jangan Bawa Ponsel ke Bilik Suara

PPDP akan melakukan coklit hingga 13 Agustus dan pada 30 Agustus hasil coklit akan direkapitulasi secara berjenjang oleh PPS (Panitia Pemungutan Suara) untuk mengetahui jumlah data pilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) dan memenuhi syarat (MS).

\”Sampai hari ini belum ada PPDP yang jatuh sakit, alhamdulilah sehat semua. Karena dari awal kan mereka sudah dilakukan rapid test.\”

\”Kita berharap sampai akhir masa kerja itu, kawan-kawan PPDP selalu dilimpahi kesehatan semua,\” tutup Ika. (Josua)

Komentar