BERBAGI

Tulangbawang (Netizenku.com): Guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam meningkatkan ketertiban dan keamananan, Aparatur Kampung Bratasena Adiwarna, Kecamatan Dente Teladas, Kabupaten Tulangbawang, mengelar pelatihan terhadap 34 orang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

Pj Kepala Kampung Adiwarna, Hendriansyah, menjelaskan pelatihan dan pembekalan terhadap Satlinmas bermaksud memberikan pengetahuan dasar tentang Tugas pokok dan fungsi dalam memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap masyarakat.

“Pelatihan dan pembekalan telah kami laksanakan pada 23 September kemarin terhadap 34 orang Satlinmas dengan mendatangkan narasumber Kepolsek, Babinkamtibmas, Babinsa kecamatan dan Sat-Pol PP Kecamatan Dente Teladas,” terang Hendriansyah, Selasa (29/9).

Menurut Hendri, berbagai materi seperti pembekalan saat menangulanggi kondisi gangguan keamanan, teknik mengajak masyarakat meningkatkan dan memilihara ketertiban umum serta membina tingkat kesadaran taat hukum.

“Terpenting Satlinmas juga harus berperan aktif mengajak masyarakat agar turut serta meningkatkan rasa solidaritas antar masyarakat dalam menjalankan berbagai kegiatan-kegiatan sosial di kampung, apalagi saat ini negara sedang menghadapi berbagai persoalan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19, termasuk kampung merasakan dampaknya, nah di situ peran Linmas untuk membantu memberikan rasa aman, nyamam dan tentram terhadap masyarakat,” urainya.

Sebab lanjutnya, tidak menutup kemungkinan saat dalam kondisi pandemi Covid-19, selain takut tertular, akan muncul berbagai gangguan keamanan lainnya yang membuat kekhawatiran bagi masyarakat.

Linmas sambungnya, wajib memberikan perlindungan dengan mengantisipasi agar virus tidak masuk dalam wilayah kampung, dengan menyosialisasikan agar masyarakat taati protokol kesehatan Covid-19.

“Dengan kita kompak, disiplin memakai masker, dan memperketat keluar masuk warga kampung, serta menjaga kondusifitas maka akan menjadikan kampung tentram,” ujarnya.

Oleh itu dirinya mengajak seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kampung Adiwarna, agar turut serta membantu tugas-tugas Linmas.

“Tanpa dukungan masyarakat kampung ini, Linmas tidak akan bisa melaksanakan kewajibanya secara masksimal, maka mari kita motivasi Linmas agar senantiasa memberikan perlindungan, bagi seluruh warga dengan terciptanya suasana kondusif, Insya Allah Kampung Adiwarna ini akan lebih maju lagi kedepannya,” pungkasnya. (Armadan/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here