oleh

Senator RI Minta Bawaslu Konsisten

Bandarlampung (Netizenku.com): Dugaan praktik money politic yang dilakukan paslon nomor 3, Arinal-Chusnunia di Pilgub Lampung mendapat sorotan khusus dari senator DPD RI, Andi Surya.

Pemilik yayasan UMITRA dan Global Mandiri ini menilai bahwa kondisi polemik ekses bagi-bagi duit di Pilgub Lampung tahun ini, seakan mencoreng adat istiadat orang Lampung yang cinta damai dan hidup dalam toleransi yang tinggi. Karena menurutnya, Lampung dikenal sebagai wilayah yang mampu menjaga kerukunan warga, jarang terjadi konflik perpecahan oleh karena SARA maupun perbedaan pandangan politik.

Baca Juga  Target 10 Kursi di Pileg, PAN Kota Optimis Nomor 1 di Bandarlampung

\”Dan perlu diketahui, Lampung adalah teladan toleransi kehidupan bernegara karena di dalam provinsi ini, ada adat istiadat yang menjadi kearifan lokal yang sangat dihormati yang menjadi norma kehidupan masyarakat setempat maupun para pendatang yang mendorong kedamaian dan toleransi,\” ujarnya kepada Redaksi Netizenku.com, Jumat (6/7).

Dirinya juga menyarankan kepada KPU dan Bawaslu agar konsisten dalam melakukan tugas dan fungsinya. Agar teguh dan kuat memegang amanah tugas lembaga. Karena dengan keteguhan itu maka segenap langkah dan keputusan yang diambil berkait kasus money politic akan taat pada aturan, juklak dan juknis pada masing-masing lembaga.

Baca Juga  Mustafa: Saya Jalani Cobaan Ini

\”Tunjukkan kepada rakyat Lampung kebenaran yang sebenar-benarnya,\” ucap Andi Surya.

Jika laporan bagi-bagi duit pilkada oleh masyarakat terbukti terstruktur, sistematis dan masif, maka Bawaslu tidak perlu ragu-ragu untuk menetapkan sanksi, pilgub ulang atau diskualifikasi.

\”Tunjukkan bahwa KPU dan Bawaslu benar2 independen dalam kasus ini, rujukannya adalah peraturan KPU dan Bawaslu,\” kata dia.

Baca Juga  DPS Pilwakot Bandarlampung, Pemilih Baru 216.462 Orang

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Lampung untuk mengawasi dengan tajam gerak-gerik KPU dan Bawaslu, agar kedua lembaga penyelenggara ini ada dalam jalur yang benar, dan bisa menjadi kebanggaan bersama untuk berlaku adil menetapkan hasil pemilihan rakyat.

\”Sebagai orang Lampung, saya berharap banyak kepada Bawaslu menyelesaikan masalah ini agar hasil Pilgub Lampung ini benar-benar adil, dihormati, berwibawa, dan penuh kebanggaan menyambut pemimpin baru provinsi ini,\” tutup Andi. (Rio)

Komentar