BERBAGI

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Herwan Sahri, SH.M.AP membuka Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (Sakip) dan Reformasi Birokrasi kabupaten setempat bersama Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) di Jakarta, Kamis (12/9) siang.

Herwan Sahri mengatakan segenap aparatur bersama stakeholder kiranya dapat memahami cara penyusunan laporan kinerja instansi pemerintah sebagai dasar penilaian keberhasilan capaian tujuan dan sasaran serta sebagai sarana evaluasi atas pencapaian kinerja pemerintah daerah dalam upaya memperbaiki kinerja yang akan datang.

“Saya berharap bimtek ini menjadi wahana pembelajaran Sakip yang baik dan benar. Selain itu, dari kegiatan ini terjalin komunikasi dan sinergi karena pada dasarnya penyusunan Sakip memerlukan manejeman yang melibatkan banyak pihak dalam rangka membangun komitmen untuk pencapaian kinerja pemerintah daerah,” ungkap Sekda mewakili Bupati saat membuka secara resmi kegiatan Bimtek tersebut.

Herwan berharap, kepada para peserta dapat secara serius dan bersungguh-sungguh mengikuti Bimtek tersebut, karena ilmu yang didapat akan diterapkan dalam pelaksanaan tugas di OPD masing-masing, dan menjadi pedoman di seluruh OPD di lingkup Pemkab Tubaba.

Bimtek tersebut, lanjut dia, terkait Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) kabupaten, Indikator Kerja Utama (IKU), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Perjanjian Kinerja, Rencana Aksi, dan Laporan Kinerja Pemerintah (Lakip).

“Tidak semua OPD ikut dalam kegiatan ini, yakni hanya diikuti oleh OPD sampling diantaranya Inspektorat, Bappeda, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Disbudparpora, Disnaker, Dinas Koperindag, Dinas Pertanian, BPKAD, DPM-PTSP, Dinas Kominfo, BKD, Dinas Sosial, Dinas PolPP, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Sekretariat Daerah,” terang Sekda diamini Kabag Organisasi, Benny Oemasin.

Dia menambahkan, Bimtek Sakip dan Reformasi Birokrasi diisi oleh Narasumber Kemenpan dan RB, Dra Nadimah, MBA selaku Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan II, Hatni, SH selaku Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, dan Arif Tri Hariyanto, SH,LL.M selaku Kepala Sub Bidang Analisis Perumusan Kebijakan Pengawasan.

“Kegiatan ini kita laksanakan selama 3 hari, dan dilakukan dengan pembagian kelas dan masing-masing kelas terdiri dari beberapa OPD,” pungkasnya. (Arie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here