Rayakan Idul Fitri, Parosil Silaturahmi dengan Masyarakat Adat

Redaksi

Rabu, 5 Juni 2019 - 20:54 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Lampung Barat (Netizenku.com): Momentum hari raya idul fitri 1440 H, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, bersilaturahmi dengan masyarakat adat Paksi Pak Sekala Bkhak, Kepaksian Buay Bejalan Di Way Kembahang Batubrak, yang diterima langsung  Selayar Akbar Gelar Suttan Jaya Kesuma IV, di Gedung Dalom, Rabu (5/6).

Suttan Jaya Kesuma IV, saat berbincang akrab dengan orang nomor satu di Lampung Barat, seperti yang disampaikan Haiza Rinza Gelar Batin Junjungan perangkat adat Kepaksian Buay Bejalan Di Way, menyampaikan terima kasih atas program bupati yang mengangkat dan melestarikan budaya asli masyarakat Lampung Barat.

\”Kami mendukung program pak bupati, yang mengangkat kembali dan melestarikan adat budaya asli masyarakat Lampung Barat, dan Kepaksian Buay Bejalan Di Way, terkait dengan kemajuan Lampung Barat akan kami dukung,\” kata Haiza.

Berdasarkan penuturan Suttan Jaya Kesuma IV, budaya seperti ngejalang, sekura cakak buah, muayak serta berbagai budaya lain, yang dahulu dapat disaksikan setiap Hari Raya Idul Fitri, pesta pernikahan dan khitanan, saat ini sudah bangkit kembali dan mulai digemari oleh generasi muda.

\”Kami tahu program pak bupati tentang adat budaya, dan terbukti berhasil, dimana saat ini setiap ada kegiatan yang ditampilkan adalah tari nyambai, muayak, sekura cakak buah, dan tentu ini merupakan hal yang positif dan wajib di dukung oleh seluruh elemen masyarakat,\” harapnya.

Baca Juga  Nunik Borong Kopi Lambar

Lanjutnya, program hippun adat yang digelar sejak masa kepemimpinan bupati Mukhlis Basri, merupakan wadah bagi masyarakat adat memberikan masukan kepada pemerintah tentang program pembangunan, semoga program tersebut sebagai bentuk sinergisitas antara Pemkab Lampung Barat dengan masyarakat adat.

\”Alhamdulillah hippun adat yang sudah berjalan beberapa tahun dilanjutkan dimasa kepemimpinan Parosil Mabsus-Mad Hasnurin, mudah-mudahan kegiatan yang melibatkan seluruh masyarakat adat tersebut menjadi energi tambah Pemkab dalam menyusun program pembangunan,\” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus mengatakan, masyarakat adat di Lampung Barat merupakan elemen penting bagi pemerintah, maka disetiap kesempatan dirinya selalu bersilaturahmi dan berdiskusi tentang pengembangan adat budaya dan kearifan lokal.

Baca Juga  Dandim: Prajurit TNI Harus Miliki Kemampuan Tangani Dampak Bencana

\”Saya mengajak masyarakat adat untuk bersama-sama dengan pemerintah melestarikan adat budaya, serta mengembangkan kearifan lokal, yang merupakan jati diri masyarakat kita,\” kata Parosil yang didampingi ketua TP PKK Partinia Parosil Mabsus.

Parosil juga mengajak masyarakat Lampung Barat untuk merajut kembali tali silaturahmi, yang kemungkinan terputus pada masa kontestasi politik beberapa waktu yang lalu, dengan melupakan perbedaan pilihan dan dukungan.

\”Membangun Lampung Barat bukan hanya tugas pemerintah, tetapi tugas kita bersama, saat ini mari kita rajut kembali persatuan, yang mungkin pada masa Pemilu lalu ada perpecahan karena beda pilihan, saat ini agenda wajib lima tahunan tersebut telah usai,\” tandas Parosil. (Iwan)

Berita Terkait

Ketokohan Parosil Berhasil Kantongi Rekomendasi PKB Maju Pilkada
Mantan Kasat Intelkam Polres Lambar Jadi Petugas Haji 2024 Unsur Polri
Dinkes Lambar Koordinasi Mitra Pendsektor Germas
Ketua DPD Gerindra Lampung akan Hadiri Rapat Konsolidasi di Lambar
Ketua Dekopi Lampung Panen Kopi Arabika di Lambar
POPKAB dan Tarkam Kemenpora Sukses di Lambar
Sah, Parosil Mabsus Kantongi Surat Tugas Balonbup Lambar
POPKAB dan Tarkam 2024 Dibanjiri Ribuan Peserta

Berita Terkait

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:45 WIB

Dinilai Anggap Remeh, KPU Bandarlampung akan Didemo 

Minggu, 9 Juni 2024 - 23:02 WIB

RMD Resmikan Rumah Relawan

Minggu, 9 Juni 2024 - 22:31 WIB

Partai Perindo Lampung Gelar Fit and Proper Test Calon Bupati dan Wakil Bupati Tubaba

Minggu, 9 Juni 2024 - 16:31 WIB

Hanya 8 Parpol yang Terima Dana Hibah Pemkot Balam

Sabtu, 8 Juni 2024 - 21:33 WIB

Mantan Guru SMP Kenang Rahmat Mirzani Djausal: “Cerdas, Berakhlak, dan Aktif”

Sabtu, 8 Juni 2024 - 21:20 WIB

Gerindra Mantapkan Konsolidasi untuk Pemenangan Pilkada 2024 di Lampung

Sabtu, 8 Juni 2024 - 18:36 WIB

Ketokohan Parosil Berhasil Kantongi Rekomendasi PKB Maju Pilkada

Sabtu, 8 Juni 2024 - 14:09 WIB

DPD Gerindra Lampung Kunjungi Warga Terdampak Banjir dan Tanah Longsor di Tanggamus

Berita Terbaru

Jakarta

Telkomsel Sambungkan Senyuman di Momen Idul Adha 1445 H

Selasa, 18 Jun 2024 - 12:36 WIB